Kamis, 17 Januari 2019

Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Memahami Reksa Dana Syariah

Sebagai agen properti, banyak hal yang harus saya ketahui tentang dunia keuangan, yang selama ini bahkan nggak saya pahami sama sekali. Hingga suatu saat ada calon klien minta dicarikan info tentang KPR Syariah. 

Saat ini memang bermunculan pembiayaan-pembiayaan yang berbasis ekonomi Syariah di Indonesia. Seperti yang kita tahu hal ini juga menunjang kondisi masyarakat Indonesia yang memang mayoritas muslim. 


Ya..ya.. ya, katakanlah begini, saat seseorang sudah menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya, diolah dengan cara yang halal, tentu saja ia pun menginginkan semua aspek dalam kehidupannya juga dilakukan secara halal termasuk urusan duit. Ye, kan?




Kenapa demikian? 

Ya tentu saja untuk menghindarkan diri dari segala sesuatu yang haram atau bertentangan dengan hukum Syariah, yang diantaranya bisa berbentuk judi (maisir), penawaran palsu (najazy), suap (risywah), penipuan (tadlis), penimbunan (ikhtikar), ketidakadilan (zhulm), tidak bermanfaatan (mudarat) dan juga bunga baik dalam bentuk jual-beli maupun simpan-meminjam (riba).  Di samping itu sistem ekonomi Syariah ini juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi orang banyak. 

Yang seperti inipun rasanya juga diajarkan oleh semua agama tetapi dengan penerapan yang berbeda ya?. 

Ngomong-ngomong tentang pembiayaan berbasis Syariah, tidak hanya KPR saja lho, bahkan Reksa Danapun saat ini juga telah mengeluarkan produk Syariah yang tentu saja diharapkan makin membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasinya dengan cara tersebut.  Selain itu, juga menghindarkan dari yang namanya investasi bodong.


Oh ya,  kapan waktu saya pernah berbagi tentang pentingnya berinvestasi melalui Reksa Dana. Sudah baca?


Nah, setelah saya ngobrol-ngobrol dengan teman-teman yang mempercayakan investasinya pada Reksa Dana Syariah, beberapa hal berikut yang makin memantapkan pilihannya : 

  • Reksa Dana Syariah adalah Reksa Dana yang beroperasi sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam, baik dalam bentuk akad antara pemodal sebagai pemilik harta dengan Manajer Investasi.
  • Para pemodal secara kolektif mempunyai hak atas hasil invetasi reksa dana, di mana para pemodal tersebut berhak atas bagi hasil sampai saat ditariknya kembali penyertaan itu.
  • Penempatannya hanya pada Daftar Efek Syariah (DES)
  • Daftar Efek Syariah (DES) nya merupakan perusahaan terbuka yang memenuhi kepatuhan Syariah dan efek diterbitkan sesuai dengan akad syariah, sesuai peraturan terkait penerbitan efek syariah
  • Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS)nya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah yang direkomendasikan Dewan Syariah Nasional dan memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal 
Sayapun manggut-manggut aja saat teman itu menjelaskan, dan iapun menambahkan bahwa saat ini dia mempercayakan investasi Reksa Dana Syariahnya pada MAMI (Manulife Asset Management)  yang dianggapnya amanah sebagai Manajer Investasinya karena memiliki ijin sebagai Pihak Penerbit Efek Syariah dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Gimana?
Sudah sedikit tercerahkan ?

Yes, jadi agen properti emang kudu melek ya.. ahay... !
2019 Makin pinter nih saya..





Selasa, 15 Januari 2019

Ada Yang Dahsyat Dari MakaroniBrayy Cemilan Khas Bandung Yang Bikin Gregeettzz

Saya itu paling lemah kalau ada makanan yang berbau makaroni.  Mau diolah jadi sup campur sosis, mau diolah jadi pastel tutup, mau jadi makaroni schotel, atau bahkan jadi camilan kriuk-kriuk, semua bakalan bikin saya tak mampu menolaknya. 

Apalagi kalo camilan itu gurih, asin, dan pedes.. Wuih rasanya bakal tak kekepin sendiri, dan gak bakalan ada yang boleh minta (pelit kan? iya, pelit.. biarin aja kali..) 




Nah.. sayangnya, kadang kalo beli makaroni cemilan kriuk-kriuk sembarangan itu, berakhir dengan saya batuk dan kalau sudah gitu, sedih deh soalnya gak bisa kerja. Mana target #HutangLunas2019 kudu segera terpenuhi pula. (lha, malah curcol hahaha). 

Jaman kecil dulu, bahkan saya bener-bener dibatesin untuk cemilan-cemilan berperisa. Mangkanya, saya super sensitif kalo cari cemilan padal saya ini hobi ngemil !

Terus gimana dong?
Ya, akhirnya kudu cari yang bener-bener aman, dan salah satu cemilan makaroni yang aman adalah MakaroniBrayy !! Yay !!



Awalnya sih, saya dapat kiriman temen, katanya 
"Nyah, cobain ini ada makaroni wenak. Aku sudah nyobain, dan pasti kamu cocok. Makaroninya empuk banget, dan juga gak bikin serik" 

Pertamanya sih saya udah underestimate aja nih, yang namanya makaroni kriuk-kriuk kan yah paling sama wae. Eh, ternyata pas saya cobain satu .. Gregets buangets!!



Yes ! Namanya #MakaroniBRAYY - Cemilan Khas Bandung yang emang terkenal dengan cemilan yang pedes dan gurihnya. MakaroniBRAYY ini punya 3 varian rasa, yaitu rasa keju, Pedas Seblak & Pedas Bawang Jeruk. Dan saya sudah cobain semuanya !!

MakaroniBrayy Rasa Keju

Sebagai pecinta keju, kalo ngeliat varian keju, sudah pasti pertama kali yang saya ambil ya yang rasa keju. Dan MakaroniBrayy rasa keju ini emang beneran ngeju... huhuhu.. Sungguhpun saya sangat pelit dan tidak mau berbagi yang varian ini sama Nico .. enak banget, dan nggak ngebosenin. 

MakaroniBrayy Rasa Keju

MakaroniBrayy Pedas Seblak

Kalau rasa yang satu ini cocok buat penggemar pedes. Pedes gurihnya lumayan nampol, tidak terlalu sadis tapi cukup bikin lidah kayak kegigit. Haahha.. kalo yang ini kesukaannya Nico, sebungkus dia abisin sendiri.. 

MakaroniBrayy Pedas Seblak

MakaroniBrayy Pedas Bawang Jeruk

Nah.. ini rasa yang unik, Brayy !! Kalo tadi pedas seblak cenderung pedas gurih, kalo yang pedas bawang jeruk lebih variatif rasanya. Wanginya daun jeruk di setiap butirnya bikin lidah ini nggak berhenti ngemil. Enak banget !

MakaroniBrayy Pedas Bawang Jeruk

Kelebihan dari MakaroniBrayy Cemilan khas Bandung ini selain bentuknya yang kering tapi renyah dan tidak mengurangi rasa asli makaroni itu sendiri juga diolah secara higienis dengan paduan bahan rempah alami mangkanya nggak bikin serik meskipun rasanya cukup kuat di lidah. Buktinya, abis 3 bungkuspun saya tetep ketagihan tanpa takut batuk.

Nggak cuma itu aja, kemasannya yang menurut saya cukup elegan ini sangat praktis dibawa kemana-mana apalagi buat saya yang emang "anak jalanan" iki hahaha..

Wes, pokoknya MakaroniBrayy Cemilan Khas Bandung ini cucok meong buat siapa aja, mau tua muda (empuk banget dan gak bikin sakit di gigi dan gusi) , dan juga cowok ataupun cewek. Nico aja doyan, masa kamu nggak?


Oh ya, MakaroniBrayy Cemilan Khas Bandung ini bisa diperoleh di marketplace seperti BukaLapak, dll dengan harga super manja dan murah, cuma Rp 15ribu untuk kemasan isi 110 gram ya :)