Sabtu, 08 September 2018

Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 : Saatnya Yang Muda dan Mandiri Tunjukkan Karya dan Prestasinya


Bukan tanpa alasan, akhir pekan ini saya sengaja mudik ke kampung halaman, Malang di tengah segudang aktivitas saya di Surabaya, kalau nggak demi menghadiri acara super keren yang diadakan oleh Bank Mandiri ini. 


Ya, demi mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah alias UKM binaannya, Bank Mandiri menyelenggarakan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Expo 2018 yang diikuti sekitar 68 brand lokal peserta program Rumah Kreatif BUMN dan beberapa alumni program WMM sebelumnya.





Adapun penyelenggaraan WMM Expo 2018 yang dilaksanakan di Antrium Mall Olimpic Garden (MOG) Malang pada tanggal 6-9 September ini merupakan rangkaian acara Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2018, dimana perseroan akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan alumni yang telah merintis usaha serta mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat. 




Jadi, melalui WMM Expo ini  Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha.


Oh ya, acara yang melibatkan 68 peserta yang terbagi dalam 7 kategori yang dilombakan ini sebenarnya sudah dimulai sejak Maret 2018 lalu, dan untuk perserta yang berhasil lolos ini diambil dari 34 perguruan tinggi dan 10 komunitas atau Inkubator Bisnis yang masuk ke dalam 7 kategori yaitu : kategori Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa, Wirausaha Kreatif, Wirausaha Boga, Wirausaha Teknologi Digital, Wirausaha Teknologi Non-Digital, dan Wirausaha Digital Financial Technology. 




Dan pada tanggal 12 September 2018, ke-68 wirausaha muda ini akan mengikuti seleksi nasional di Hotel Hariss di mana acara puncak dan Awardingnya akan dilaksanakan pada tanggal 15 September di Gedung Samantha Krida  Universitas Brawijaya mendatang. 


Penasaran dengan produk unggulan yang ada? Yuk mari kita kenalan dengan beberapa di antaranya, yang menurut saya punya produk yang unik. 


Saesha Group -  Bogor


Saesha Group - Brand Produk Kecantikan Alami
Kamu penggemar produk kecantikan alami? Kalau iya, produk Saesha Grup dari Bogor yang didukung oleh Sabisa Farm, IncuBie IPB, TechnosNet  ini punya banyak varian skincare seperti sabun, face mist, dan masker buah yang dibuat secara alami tanpa bahan kimia dan tanpa parfum. 

GYSZ Indonesia - Bogor


GYSZ Indonesia - Bogor
Saya seringkali merasa kesulitan saat pingin menerjemahkan ide desain saat akan membuat kaos, karena saya kan emang nggak bisa desain. Tapi, kadangkala konveksi yang saya temui hanya mau menerima hasil jadi desainnya dan itu selalu bikin puyeng. 

Nah, permasalahan yang seperti inilah yang ditangkap menjadi peluang oleh 5 cowok dari Bogor, pemilik usaha konveksi GYZS Indonesia. Di sini kamu bakalan bisa pesan konveksi dengan harga murah, proses pengerjaan cepat dan harga yang bagus alias terjangkau. Bonusnya, free desain , revisi sampai jadi , bahkan katakanlah jika itu masih berupa ide. 

Moretrash -  Semarang


Moretrash -  Semarang
Ojek makanan itu biasa, ojek online juga sudah banyak, gimana kalo ojek for trash alias ojek sampah? Nah, ini barulah ide baru ! Yap,  Moretrash adalah salah satu stand yang menarik perhatian saya  kemarin saat mengunjungi WMM Expo kemarin. 

Ide dari mahasiswa Undip untuk mengatasi permasalahan tentang sampah yang menggunung dan kesulitan masyarakat untuk membuang sampah seperti kertas dan plastik seperti botol minum dan gelas air mineral dapat teratasi dengan jasa angkut sampah online yang mulai beroperasi sejak Januari 2018 kemarin. 
Tidak hanya mempermudah proses pembuangan sampah dengan sistem penjemputan gratis, bahkan pemilik sampah juga mendapat uang dari hasil "penjualan" sampah itu. 

Menarik kan? Coba ada di Surabaya, kan saya nggak perlu puyeng-puyeng buang limpah sampah hasil proyek kerjaan saya beberapa waktu lalu. hiks. 

Agro Lestari Merbabu - Magelang 


Agro Lestari Merbabu - Magelang 
Dengan visi menciptakan kesejahteraan petani kentang, Agro Lestari Merbabu memproduksi dan mengolah bibit kentang berkualitas yang telah disertifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Kementrian Pertanian agar dapat meningkatkan nilai jualnya. 

Sebagai penggemar olahan kentang, semangat dong saya nanya-nanyanya dan semakin semangat ketika tahu harga kentang berkualitasnya ini dijual dengan harga di bawah pasaran. Bayangkan saja, kentang gede-gede seperti yang ada di foto itu dijual dengan harga Rp9 ribu per kilogramnya ! Padahal saya biasanya beli yang kecil-kecil di Surabaya, Rp12 rb. huhuhuhu... Dan ternyata saya baru tahu juga kalo kentang siomay yang imut-imut itu sebenarnya adalah produk BS alias bad stock . Hulala ~

Waaida Farm - Sumedang

Waaida Farm - Sumedang
Hayo, siapa yang tahu apa itu buah golden berry? Hmm.. mungkin nggak banyak di antara kita yang tahu kalo buah kuning, unyu, imut ini adalah buah ciplukan ! ato jangan-jangan saya sendiri yang gak tau? (._.)

Iya, buah seger yang katanya dulu adalah makanan buat mancing ular ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan seperti teh, minuman, dan juga kismis di tangan Waaida Farm - Sumedang ! Saya sempat cobain kismisnya, wih enak loh. Seger, asem, dan rada creamy gitu. Nyam pokoknya!

Boo Nelo - Bandung


Boo Nelo - Bandung
Ah, produk yang satu ini keren abis.. Ini adalah hasil garapan dari desain produk dari teman-teman mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bandung. Boo Nelo adalah jam tangan homemade yang dibuat dengan menggunakan teknik coiling bambu, di mana batang bambu diserutt hingga tipis dan kemudian dililit menjadi jam cantik ini. 

Jam tangan yang dijual dengan harga Rp550 ribu selama pameran ini juga menggunakan strap yang terbuat dari vegetable leather yakni kulit sapi yang disamak dengan bahan tumbuh-tumbuhan sehingga lebih aman dan tentunya ramah lingkungan. 

Green Smoothies Factory - Pekanbaru

Green Smoothies Factory - Pekanbaru

Penganut gaya hidup sehat pasti suka kalau maen ke stand yang satu ini. Produk healthy food yang punya cafe "sehat" di Pekanbaru ini menjual produk seperti healthy cake, smoothie in bowl, pressed juice, raw almond mylk, seeds, dan banyak lagi produk sehat lainnya. 
Hakko Kombucha - Bekasi



Hakko Kombucha - Bekasi
Kombucha adalah sejenis minuman hasil fermentasi teh dan gula yang memiliki rasa unik dengan sensasi soda alami. Minuman seharga Rp30 ribu per botol yang dibuat menggunakan kultur Kombucha yang disebut dengan Symbiotic Colony of Bacteria and Yeast (SCOBY) ini dikemas dalam botol kaca dan memiliki beberapa varian rasa seperti ginger, strawberry, black tea, dan lain sebagainya. 

Veripay - Jakarta


Veripay - Jakarta
Pada intinya, Veripay ini adalah aplikasi multifungsi yang mengubah handphone jadi konter berjalan. Jadi dengan biaya awal Rp 10 ribu kamu bisa jadi bagian dari 5000 agen yang sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan manfaat yaitu isi pulsa, paket internet, dan token listrik dengan lebih mudah. Nggak cuma itu, bahkan ke depannya mereka merencanakan dapat melakukan tarik tunai di agen terdekat, yang tentu saja hal ini memudahkan bagi daerah yang belum terjangkau mesin ATM. 

Wah... sebenarnya masih banyak sih vendor lain yang ada di WMM Expo 2018 ini, tapi kalau dijabarkan satu-persatu bakalan jadi novel panjang nih..




Gini aja deh, buat kamu-kamu, dan kamu yang penasaran dan lagi ada di Malang, mumpung masih ada waktu, langsung cus aja deh ke Atrium MOG Malang, itu loh lokasinya di samping Stadion Gajayana. 

Dan buat yang nggak bisa ke Malang, jangan sedih dulu. Kalian masih bisa kok berpartisipasi dalam event keren ini dengan cara memilih juara favorit di acara WMM. Caranya :

  • Buka aplikasi facebook dan like Fanpage Wirausaha Mandiri 
  • Temukan album WMM Finalis
  • Like dan share menggunakan hashtag #WMM2018 #BeraniMudaBeraniBerkarya 
  • Periode voting 7 - 13 September 2018.
Gampang kan?
Yuk, dukung wirausaha muda yang berani dan mandiri ini, siapa tahu tahun depan giliran kita yang berprestasi? Sepakat?





2 komentar:

  1. Produk-produknya keren semua. Pengin ngulang ke sana lagi tapi kok adoh. Wes gapapa yang penting baju yang tak pengini sudah kebeli, titip konco :D

    BalasHapus
  2. Wah keren ya mba, suka dengan Mandiri yg selalu ngesupport pengusaha lokal. Tahun lalu atau 2 tahun lalu gitu kayaknya juga ada acara serupa di Jogja dan keren abis

    BalasHapus