Minggu, 16 September 2018

Berani Sukses Di Usia Muda, Inilah Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018


Akhirnya, setelah proses yang cukup panjang sejak Maret 2018 kemarin dan penantian sejak sepekan kemarin, Sabtu, 15 September 2018 adalah hari yang paling ditunggu-tunggu setidaknya oleh 68 peserta Wirausaha Muda Mandiri 2018. 


Baca juga : Wirausaha Muda Mandiri Expo 2018 : Saatnya Yang Muda dan Mandiri Tunjukkan Karya dan Prestasinya

Ya, Sabtu kemarin, acara penganugerahan penghargaan pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 bertema "Berani Muda Berani Berkarya" ini  bertempat di Gedung Samantha Krida Universitas Berawijaya Malang serta dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno serta disaksikan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan juga Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof. Dr.Ir . Nuhfil Hanani AR, MS.

Kenapa sih kok diadakan di Kota Malang? Yes ! Karena kota berhawa sejuk dan terkenal dengan kuliner khas baksonya ini punya banyak universitas yang terkenal dan berprestasi. Jadi, nggak heran kalau acara yang keren ini juga dihadiri para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Ma Chung dan masih banyak lagi lainnya. 

Acara yang diberi tajuk Wirausaha Muda Mandiri Award ini dibuka dengan penampilan Diki Diffie seorang stand up comic dan dilanjutkan dengan talkshow yang dipandu oleh Adrian Gunadi, Co-Founder dan CEO Investree. 


Talk show keren ini menghadirikan 5 pemateri keren, yaitu 

  •  Hari Santosa Sungkari (Dept Infrastruktur Bekraf)
  • Kartika Wirjoatmodjo (Dirut Bank Mandiri) 
  • Andreas Eddy Susetyo (Ketua Pansus RUU Kewirausahaan) 
  • Jodie Palgunadi (Founder http://Akun.biz sekaligus merupakan salah satu pemenang WMM 2106 )
  • Jeremia Allan (Gedhang Nugget)

Yang buat saya kaget, ternyata salah satu pemateri (jelas yang muda lah ya) adalah temen nongki dan nyangkruk saya di HIK saat dulu kami sama-sama tinggal di Bali. hahaha. Hebat, Bro.. !!

Nggak cuma talkshownya aja yang keren, bahkan opening yang dibawakan oleh Paduan Suara Mahasiswa dan pertunjukan reognya bener-bener bikin saya mlongo dan terpukau. Seneng banget ya kalo ada generasi muda di jalan milenial seperti ini masih intens dengan kesenian tradisional. Keren abis pokoke ! 

Kata keren yang dari tadi saya sebutkan ini nggak main-main lho, apalagi acara yang dibawakan oleh dua MC famous, Zivanna dan Vicko ini sangat menginspirasi terutama buat adik-adik mahasiswa yang hadir, yang tentunya diharapkan jadi penerus dan enterpreneur muda selanjutnya. Kareeennaaa.. beberapa peserta dan bahkan pemenangnya juga berasal dari mereka yang masih mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa. Keren kan??? (keren lagiiiii)

Apalagi menurut Menteri BUMN, Ibu Rini M. Soemarno, program WMM ini merupakan aktivitas berkelanjutan untuk pengembangan ekonomi nasional yang nantinya selaras dengan pengembangan industri kecil atau menengah dalam meningkatkan penetrasi pasar. 


Dan serunya,  WMM ini selalu melibatkan alumni program WMM sebelumnya sebagai mentor pendamping mitra binaan di RKB (Rumah Kreatif BUMN) yang diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda agar menjadi generasi pencipta lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan ekonomi negara.

Dan inilah.. Pemenang Wirausaha  MudaMandiri 2018

Untuk tahun ini ada 26 pemenang yang diambil dari seluruh kategori dan bidang usaha, serta masing-masing 1 orang pemenang kategori Best of The Best dan kategori favorit. Para pemenang ini nggak hanya akan mendapat gelar wirausaha muda terbaik, tetapi juga berhak mendapatkan hadiah yang lagi-lagi saya bilang untuk kesekian kalinya, KEREN !!
Apa aja sih hadiahnya?

Yes, para jawara WMM 2018 ini akan berhak memperoleh hadiah uang pembinaan senilai lebih dari Rp3 miliar dan akses kepada berbagai skema pembiayaan di Mandiri Group serta program pendampingan dan pelatihan komprehensif guna mengoptimalisasi peluang usaha. 

Dan mereka adalah :


Kategori Mahasiswa

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa 
Pemenang I : Arnandiza Amirul Khadifa - Balon Kado 
Pemenang II :  Agus Wibowo - Agro Lestari Merbabu.

Bidang Usaha Boga 
Pemenang I : I Putu Agi Pratama - Umah Lokal 
Pemenang II : Sentanah Limmase - Fermenation Indonesia

Bidang Usaha Kreatif 
Pemenang I : Malinda Amalia - Linean
Pemenang II : Nabila - Batik Kanawa

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I :  Reno Pati - Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik) 
Pemenang II :M Zulfikri Al Qowy - Paccoo.com 

Kategori Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I : Aditya Pratama Ghifary - Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi 
Pemenang II : Rafliansyah Ruslan - SCOLA (Learning Management System)

Bidang Usaha Teknologi Non Digital 
Pemenang I :  Alwy Herfian Satriatama - Majapahitech 
Pemenang II : Aprial Syahputra - HerbalFoam

Kategori Non Mahasiswa 
Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa 
Pemenang I  : Juwita - Golden Berry
Pemenang II : Reza Rizky Hermawan - Hermawan Propertindo Utama 

Bidang Usaha Boga 
Pemenang I  : Endro Firdaus - GreenSmoothie factory
Pemenang II : Bintang Priyambodo - Papa Buncit 

Bidang Usaha Kreatif 
Pemenang I : Bella Kartika Aprilia - Sepiak Belitong 
Pemenang II : Ray Abdul Fatah - Ravy 26 House

Bidang Usaha Sosial
Pemenang I : Andhika Mahardika - CV Agradaya Indonesia
Pemenang II : Mohammad Andriza Syarifudin - Nusa Berdaya

Bidang Usaha Teknologi Digital 
Pemenang I : Christopher Farrel Millenio Kusuma - Kecilin 
Pemenang II : Yudhis Thiro Kabul Yunior - Detron Engineering 

Bidang Usaha Teknologi Non Digital 
Pemenang I: Achmad Arbi - Lightning Advanced Solution Technology 
Pemenang II : Nugroho Hari Wibowo - ENCOMOTION

Digital Financial Technology 
Pemenang I : Adjie Wicaksana - Halofina - LPIK ITB 
 Pemenang II : Bong Defendy - Zend Money

Sedangkan untuk Best of The Best WMM 2018 diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin dan Finalis Terfavorit WMM 2018, direbut oleh Ardana Noor Octaviandi – Bolunesia yang dipilih berdasarkan pilihan masyarakat melalui media sosial Facebook dengan jumlah like dan share terbanyak.

Wah, seru banget ya. Iya, acara ini makin seru dengan kedatangan penyanyi fenomenal jaman now, Via Vallen yang memukau para undangan dengan lagu-lagunya yang berirama penuh semangat. 


Ah, saya beruntung sekali bisa hadir di acara spektakuler ini. Nggak cuma menghadiri, saya juga banyak belajar dari sharing para finalis saat Expo, juga dari para pemateri dan alumni WMM yang juga turut hadir dan membagikan pengalaman bisnisnya di penghujung acara seperti Martalinda - Pemilik Coklat Klasik, Florentia Jeanne - Pemilik Noonaku Signature, dan Sugeng Handoko - Perintis Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan Desa Wisata Nglanggeran.


So, buat kamu yang pingin maju dan berprestasi, jangan mudah menyerah ya Gaes, yang terpenting kamu harus punya 3K yaitu kemauan, komitmen, dan konsisten dalam menjalankan apapun usahamu, seperti yang disharingkan oleh Florentia Jeanne - Pemilik Noonaku Signature. 



0 komentar:

Posting Komentar