Senin, 30 Juli 2018

Warung Tengkleng Boyo : Menikmati Olahan Kambing Muda dengan Lebih Sehat


Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata tengkleng? Yes, tengkleng selama ini terkenal sebagai salah satu olahan kuliner khas Solo yang menggunakan tulang (sapi/kambing) yang masih ada sedikit daging sebagai bahan utamanya. Tengkleng sendiri sebenarnya memiliki citarasa yang mirip dengan gulai, tetapi lebih encer sehingga rasanya terasa menyegarkan. 

Jika kamu salah satu penggemar tengkleng, nggak perlu jauh-jauh ke Solo, karena sejak Bulan April 2018 kemarin, di Surabaya telah hadir sebuah spot kuliner anyar yang secara khusus menawarkan tengkleng sebagai menu yang utamanya. Namanya Warung Tengkleng Boyo.



www.nyonyakece.com
Sebenarnya sudah beberapa kali saya melewati warung yang satu ini. Maklum, selain dekat rumah, Warung Tengkleng Boyo yang berlokasi di Jalan Raya Tenggilis 91-93 Surabaya ini terletak di seberang supermarket Chicco di mana saya sering belanja keperluan sehari-hari.  Jadi, bisa dibilang saya sejak awal saya sudah tahu tentang keberadaan warung ini mulai dari awal pembangunannya. 

Namun, yang nggak saya tahu ternyata warung yang punya parkiran cukup luas ini, bagian dalamnya luas dan cozy banget !


Begitu masuk kamu akan menemukan deretan meja kayu dengan beberapa kursi yang berjejer dengan rapi. 



www.nyonyakece.com

Saat masuk lebih ke dalam lagi kamu akan disuguhi taman di dalam rumah yang selain membuat suasana tampak adem dan asri juga cukup keren buat foto-foto alias Instagramable! 



www.nyonyakece.com


www.nyonyakece.com

Di dalampun ada banyak meja dan  kursi yang berjajar dengan suasana rumah makan khas keluarga yang nyaman dan sangat bersih. Bisa dibilang tempat ini cukup cozy dan homey . Kalau nggak salah sih ada ruangan VIP juga sih, yang mungkin ditujukan buat rombongan yang pingin menikmati waktu makan mereka tanpa terganggu pengunjung lainnya. Overall ambiencenya oke punya, nih. 



www.nyonyakece.com

Beranjak ke menunya, kamu bisa memilih berbagai olahan kambing yang ditawarkan dalam lembar menu ini. Buat yang nggak suka daging kambing, sayangnya belum ada menu lain yang bisa dipilih kecuali mungkin cukup dengan menikmati roti canainya saja. 



www.nyonyakece.com
www.nyonyakece.com

Hari itu, saya dan teman-teman Admin Surabaya Kuliner  yang sudah lama nggak makan bareng nyobain berbagai macam menu yang ada di Tengkleng Boyo ini. Karena kami sangat lapar, jadi cukup banyak menu yang dipesan hari itu. hahaha.. 

Untuk minuman kompakan nyoba menu spesialnya yaitu ES KOPYOR ASLI (Rp 25ribu) . Disajikan dalam sebuah gelas tinggi dengan paduan es serut dan sirup cocopandan, es kopyor ini punya sensasi rasa yang cukup menyegarkan untuk dinikmati kala santap siang. 



www.nyonyakece.com

Saking laparnya, ada beberapa menu yang nggak sempat difoto, termasuk menu-menu unggulannya di sini hahaha.. tapi, demi mengobati rasa penasaran, tanpa mengurangi kelezatan rasanya, saya grab dari Instagramnya Tengkleng Boyo #nyengir. 

Menu 1  yang kami pesan, sekaligus menjadi unggulan dari warung tengkleng yang mengusung nama Boyo untuk menandakan bahwa menunya disesuaikan dengan citarasa Arek Suroboyo ini adalah Tengkleng Boyo (Rp 45ribu)

Tengkleng boyo disajikan dengan kuah ringan tanpa santan, bercita rasa asam segar mirip asem-asem yang sangat cocok untuk disantap siang hari. Jangan lupa tambahkan irisan cabe buat kamu penggemar pedas ya. 

source : instagram.com/tengklengboyo

Menu ke-2 adalah Gule Kambing (Rp 45ribu) yang disajikan dengan kuah santan dan paduan bumbu rempah yang gurih. 


pict by cak tatax
Menu ke-3 ini adalah Tengkleng Rica-Rica (Rp 45 ribu) yang punya rasa pedas dan gurih. 


pict by cak tatax
Selanjutnya menu ke-4 adalah Karangbinaci (Rp 45 ribu). Karangbinaci adalah masakan khas Madura yang tidak umum kita jumpai dan konon katanya ini adalah masakan untuk keluarga bangsawan Madura. Menurut sejarahnya Karang Binaci ini yang asli menggunakan daging kambing namun dalam perkembangannya banyak digunakan daging ayam dan sapi sebagai alternatif.

Menurut saya, karangbinaci ini sebenarnya punya rasa dan penampilan seperti perpaduan antara lapis daging dan krengsengan. Hanya saja rasanya lebih berempah dan kuat sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. 


Jika dibandingkan dengan menu lainnya yang porsinya personal, karangbinaci yang dagingnya empuk dan ngeprul ini porsinya cukup banyak, sehingga bisa dinikmati untuk berdua. Apalagi bumbunya yang meresap sempurna pada dagingnya bikin napsu makan "nyemego" alias tambah-tambah nasi. 



pict by cak tatax

Menu ke-5 ini adalah favorit kami semua,  Sate Kambing Bakar (Rp 45 ribu) per porsinya. Nggak tanggung-tanggung kami pesan 3 porsi karena yakin kalau satenya ini bakal enak. Dan memang terbukti lezatos maknyus !


Dalam seporsi terdapat 5 tusuk sate kambing bakar, dengan potongan daging kambing yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna. Bisa dibilang tidak perlu perlawanan gigi untuk mengoyak dan mengunyahnya. 
Aroma bakaran yang khas berpadu dengan keempukan daging dan kelezatan sate ini membuat kami tak henti-henti memuji kenikmatan sate ini. 


 soure : instagram.com/tengklengboyo
Menu selanjutnya cukup unik, yaitu Salad Daging Kambing. Lha? Apa itu? Menu seharga Rp 25 Ribu ini menyajikan berbagai sayuran dan telur rebus dengan kelengkapan daging kambing yang diolah mirip dengan galantin yang gurih. Dressingnya kamu bisa pilih mau ori, thousand island, atau creamy peanut. Semuanya enak. 


pict by cak tatax

Yang menyenangkan, di sini kamu boleh ambil nasi secukupnya dan sepuasnya, alias free flow. Tapi, tetap saja dihitung per-orang ya. Dan nasi ini bisa kamu ambil sendiri di tempat yang disediakan di depan warung. Puas deh !

www.nyonyakece.com

Overall, semua masakannya enak nih. Dan kalau bilang favorit, sate kambing bakarnya juarak!


Sejujurnya, saya itu bukan penggemar daging kambing, karena buat saya olahan daging kambing umumnya beraroma prengus alias bau, dan biasanya alot. Tapi, buang segala galau dan risau, sebab di Tengkleng Boyo, kamu bakal ketemu sama olahan masakan yang berkesan bersih, empuk banget karena menggunakan kambing muda di bawah 3 bulan, dan juga nggak perlu kuatir hipertensi dan lain sebagainya. 


Karena, penggunaan garamnya yang minim buat makanan ini jadi lebih sehat, dan gak feeling guilty saat mengonsumsinya. 




source : instagram.com/tengklengboyo

Gimana, sudah ngiler belum? Hahaha.. Kalau belum, coba pandangi wajah-wajah kenyang plus puas kami berlima ini. 


Ada yang bisa menyebutkan siapa saja kami?




So, buat kamu yang penasaran, silahkan mampir di Tengkleng Boyo yang buka mulai jam 09.00 pagi hingga 21.00. Kalau mau kebagian satenya, usahakan ke sana sebelum jam 19.00 ya, menurut kabar kambing, kalau lagi rame satenya bakal ludes sebelum warungnya tutup.


Tunggu apalagi, segera cuss... 


Warung Tengkleng Boyo
Jl Raya Tenggilis No 91-93 Surabaya
Buka  : 09.00 - 21.00

3 komentar:

  1. Ya ampuuyyn pengin bgt ngerasaaain. Di solo aku udh sering sih makan tengkleng. Tp liat yg ala surabaya ini kok ya lbh menggugah selera :p. Hahahaha yg di solo terlalu ori. Pertama kali coba tengjleng pas udh nikah ama suami yg org solo. Dan aku shock pas disodorin tengkleng dwngan bagian muka kambing yg msh ada setengah mulut dan giginya wkwkwkwkwkwk. . Omg ga kemakan mbaaaa. Tp pas diksh sumsumnya, aku suka. Pokoknya ga pgn yg bagian pipi lg

    BalasHapus
  2. Saya selalu bersemangat kalau menyantap berbagai olahan daging kambing atau domba. Menurut saya rasanya lebih enak dari sapi

    BalasHapus
  3. Syl..Sylvi..ini kalo pesen 1 porsi tengkleng itu bisa untuk berdua atau cuma cukup untuk 1 orang aja? Aku pingin pesen sampek 2 porsi, tapi takut kebanyakan..

    BalasHapus