Minggu, 01 Juli 2018

Uniknya Perayaan Word Girafe Day di Baobab Safari Resort

Selama ini selain peringatan yang umum seperti Hari Buruh, Hari Kanker Sedunia, Hari Pers Nasional dan konco-konconya, yang saya tahu itu peringatan yang berhubungan dengan kuliner seperti Hari Sushi Sedunia (18 Juni) , Hari Susu Sedunia (1 Juni) dan Hari Cokelat Sedunia (7 Juli) hihihi. Dan, saya baru tahu kalau ternyata hewanpun juga punya peringatan lho. Contohnya saja Word Girafe Day yang dirayakan setiap 21 Juni sejak tahun 2014 lalu. Nah, saya tahunya itu pas main-main ke Baobab Safari Resort beberapa waktu lalu. 

Baca juga : Jungle Camp, Penginapan Berkonsep Alam Ala Taman Safari Prigen

Uniknya, saat itu para tamu Baobab yang satu lokasi dengan Taman Safari Prigen Pasuruan ini bisa menyaksikan pemandangan langka berupa acara tumpengan untuk merayakan Hari Jerapah Sedunia ini. Tumpeng ini tentu saja bukan buat kita pengunjung atau staf Baobab, melainkan untuk dimakan para jerapah itu !! Lucu nggak sihhh..?? 




Jadi, pada hari itu tiga jerapah bernama Zahra, Zahari, dan Kamil bisa menyantap 10 tumpeng yang terdiri dari tumpukan sayur dan buah segar dalam baki kecil yang sebelumnya didoakan terlebih dahulu demi tujuan keselamatan jerapah-jerapah di alam bebas. Seru! Apalagi meski ada 10 tumpeng, tapi ketiga jerapah itu sempat berebut untuk menghabiskan semuanya, dan dalam sekejap saja semuanya ludes. Yes !




Word Girafe Day ini memang digelar dengan tujuan mengkampayekan keselamatan para jerapah dari kepunahan, sebab mau tidak mau harus disadari bahwa populasi jerapah di alam bebas saat ini sudah menurun seiring dengan semakin banyaknya kerusakan hutan yang merupakan habitat mereka. Sedih ya? 

Karena itu, Baobab Safari Resort mengajak para tamu yang datang untuk memberikan cap tangan yang disebut dengan Hands for Girafe untuk berkomitmen mendukung pelestarian satwa cantik asli Afrika ini. Pasalnya, populasi jerapah di dunia menurun drastis hingga 40 persen dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini, yang bahkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List dinyatakan sebagai kategori hewan terancam punah. 




IUCN Red List ini merupakan organisasi internasional untuk memberikan informasi dan analisis mengenai status, tren dan ancaman terhadap spesies di dunia, dan segala informasi yang mereka berikan ini ditujukan untuk mempercepat tindakan dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati.

Sedihnya, kepunahan jerapah-jerapah ini akibat dari perbuatan para pemburu tidak bertanggung jawab yang telah menargetkan jerapah sebagai sasaran tembah di 21 negara tempat jerapah bersemayam. Akibatnya, saat ini jumlah jerapah dari Afrika Barat yang tersisa di Nigeria kurang dari 300 ekor, serta kurang dari 700 ekor lainnya bisa ditemukan di Uganda dan Kenya.

Hiks.. saya menangis loh saat menulis ini. Membayangkan jika hal ini terus terjadi, bukan tidak mungkin beberapa tahun ke depan anak cucu kita tidak dapat melihat jerapah secara langsung. 




So, yuk mari selamatkan satwa-satwa ini.  Save our precious wildlife.



9 komentar:

  1. Sudah lama nggak ke Taman Safari Prigen, pasti sudah banyak berubah ya.
    Semoga semua satwa tetap lestari ya.

    BalasHapus
  2. Baru tahu mbak kalau ada hari jerapah sedunia...pasti seru ya apalagi ada acara tumpengan buat jerapah...semoga populasi jerapah tetap lestari ya mbak

    BalasHapus
  3. ternyata ada hari jerapah sedunia ya... semoga dengan adanya peringatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman punahnya hewan langka ini...

    BalasHapus
  4. Ya Allah, semoga Jerapahnya semakin berkembang biak lagi ya Mom.
    Aku juga kadang sedih, padahal cuma ngeliat film-film bertema hewan doang. Apalagi ini mendekati kepunahan.

    BalasHapus
  5. wah ada hari jerapah ya, unik ya, suka lucu lihat jerapah dg lehernya yang panjang

    BalasHapus
  6. Ya ampuuun, makan mereka banyak juga yaaa.. Dan aku baru tahu kalo ada hari jerapah sedunia, hari sushi segalapun.... :D. Sbnrnya jd penasaran gmn asal mula bisa ditetepkan tgl segitu sebagai hari jerapahlah, hari sushi lah..

    BalasHapus
  7. Pengen lihat bagaimana jerapah rebutan tumpeng, bakalan lucu pastinya. Hehehe.

    BalasHapus
  8. Kasihan ya jerapah itu...Mereka makhluk yang luar biasa

    BalasHapus
  9. Lucu juga ya ada hari peringatan buat hewan.
    Tapi beneran sedih kalau sampai jerapah punah dan jadi kayak dinosaurus untuk anak cucu kita

    BalasHapus