Rabu, 18 Juli 2018

3 Pasar Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan di Malang


Kalau disuruh menyebutkan apa yang paling saya suka saat berwisata, ya pasti bakal saya jawab kulinernya. Tapi, tahu nggak sih kamu, kalau saya itu suka banget sama yang namanya jalan-jalan ke pasar? Suasana pasar yang ramai dan sarat dengan interaksi sosial selalu bikin saya excited dan ketagihan untuk mendatangi setidaknya satu atau dua pasar di setiap kota yang saya kunjungi. 

Ngomong-ngomong soal pasar, saya kok malah belum pernah ngebahas pasar yang ada di Malang, kampung halaman saya ya? Padahal, pasar-pasar di Malang juga nggak kalah seru untuk dijadikan tujuan wisata, kala berada di kota yang identik dengan kuliner baksonya itu. Apalagi, dengan predikatnya sebagai kota wisata, Malang memiliki banyak pasar unik, seperti Pasar Besar yang melegenda (mama pernah berjualan di sana, lho) dan juga Pasar Buku Wilis, dekat rumah mama yang bisa bikin para mahasiswa jadi lebih smart dan berjiwa intelektual. 

Penasaran dengan pasar lainnya? Setelah membeli tiket di Traveloka.com, cari tahu tentang tiga pasar di Malang yang punya tema unik dan wajib kamu datangi saat berkunjung ke kota yang berhawa sejuk itu. 

Pasar Splendid


sumber:flickr.com/photos/hastu
Splendid adalah salah satu kawasan yang terletak di dekat Balai Kota Malang. Di sana, kamu bisa menemukan Hotel Splendid dan Hotel Tugu yang  melegenda, serta Pasar Burung dan Pasar Bunga yang wajib kamu datangi untuk merasakan tempat wisata di pusat Kota Malang yang sebenarnya. 

Kawasan Splendid memang punya atmosfer yang menyenangkan. Nggak perlu angkot untuk  menuju ke sana. Cukup jalan kaki ke arah barat, tepatnya menuju Jalan Kahuripan, kemudian belok kanan di simpangan pertama untuk menemukan Pasar Bunga dengan atmosfer dan pemandangan yang segar berkat bunga dan tumbuhan yang ada di sana. Berbagai aneka kebutuhan taman bisa didapatkan di sini. Mulai dari pupuk, rumput, pohon bonsai, hingga bunga siap tanam ada di sana.

Kemudian, lanjutkan perjalanan ke arah selatan untuk menemukan tempat wisata di lainnya, yaitu Pasar Burung. Sebenarnya bukan cuma hewan jenis burung saja yang diperdagangkan di sini, tetapi ada aneka satwa lain , seperti ikan, kura-kura hias, kucing, hamster, dan berbagai hewan peliharaan lainnya juga bisa kamu temukan dan beli di pasar yang selalu ramai dikunjungi pengunjung ini. 

Baca juga : Tak Mungkin Pulang ke Malang tanpa Wisata Kuliner

Pasar Minggu


sumber:mapio.net
Pasar yang satu ini nggak pernah kelewat untuk saya datangi setiap kali mudik ke Malang. Selain suasananya yang menyenangkan, pasar yang  hanya diselenggarakan di hari Minggu, lebih tepatnya untuk memanfaatkan event Car Free Day ini lokasinya sangat dekat dengan rumah mama. Sepuluh menit jalan kaki saja sudah sampai, hehehe. 

Car Free Day berlokasi di sekitar kawasan Jalan Ijen, tepatnya di depan Museum Brawijaya hingga melewati Jalan Semeru dan berakhir di depan Stadion Gajayana, di mana terdapat banyak tenda warna-warni, tempat para pedagang Pasar Minggu berjualan. Jadi, setelah berolahraga atau tebar pesona di arena Car Free Day, kamu bisa lanjutkan petualangan sambil belanja di Pasar Minggu. Mulai dari kuliner khas kota Malang, minuman, hingga uang-uang kuno bisa kamu temukan dan kamu nikmati di pasar ini.

Pasar Parkiran


sumber: Sophia Mega/ ngalam.co

Meski bukan terletak di pusat kota Malang, Pasar Parkiran yang punya nama unik ini juga wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Malang dan sekitarnya. Berlokasi di salah parkiran salah satu tempat wisata di Batu, yaitu Jatim Park, Pasar Parkiran ini memang ada dan sengaja difasilitasi oleh Pemerintah Kota Batu. Biar nggak kacau, para pedagang akan memulai jualannya dari sore hingga dini hari, setelah aktivitas kendaraan pengunjung Jatim Park berkurang.

Daya tarik Pasar Parkiran ini adalah kuliner-kuliner yang siap bikin hangat tubuh yang kedinginan dengan hawa dingin Kota Batu. Selain itu kamu juga bisa hunting berbagai oleh-oleh dan cinderamata khas Batu. Para pengamen pun juga seakan nggak pernah capek untuk menghibur para pengunjung dengan lagu-lagu keroncong, pop, sampai tergantung permintaan pengunjung. Sambil makan dan menikmati suasana senja di Pasar Parkiran Batu, mampir juga ke wahana rumah kaca dan 3D Art Trick untuk berfoto di lukisan-lukisan tiga dimensi.

Di Malang, berbelanja artinya bukan sekadar aktivitas belanja biasa. Di sini kamu akan menemukan pengalaman yang luar biasa, terutama dari tiga pasar unik yang nggak boleh kamu lewatkan saat menjelajahi tempat-tempat wisata di kota yang juga terkenal dengan sebutan Makobu alias Malang Kota Bunga tersebut. So, buat yang mau ke Malang, rencanakan perjalanan sebaik-baiknya dan rasakan petualangan belanja unik dan seru yang bakal bikin kamu ketagihan. 



3 komentar:

  1. Nah splendit nit tempat biasanya aku nyari tanaman hias

    BalasHapus
  2. Tanah tempat lahirku ini... Malang yg sejuk,selalu bikin kangen. Tp di pasar Minggu ini banyak copet berkeliaran Mb, kudu hati2.

    BalasHapus