Selasa, 12 Juni 2018

Jalan-Jalan Sore Ke Gresik Demi Sepiring Sego Babat Mbak Merry Kalitutup Yang Fenomenal


Demi apa coba, kalo nggak demi kenikmatan lidah kami rela menembus kemacetan di antara dua kota,Surabaya dan Gresik.  Sebenarnya bukan cerita baru sih, soalnya dari beberapa minggu belakangan ini, salah satu kuliner yang lagi ngehitz di Gresik selalu jadi perbincangan grup WA penggemar kuliner yang awal ketemunya di meet up World Wide Food Crawl , meet upnya para local guides beberapa waktu lalu.


Baca juga : Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018 : Jalan-Jalan sambil Hunting Foto barengan Local Guides Surabaya di Kebun Binatang Surabaya


Namanya Kedai Mbak Merry. Jualannya sederhana saja, nasi babat. Tapi, buat penggemar babat dan segala macam jerohan (usus dan paru), nasi babat yang satu ini nggak bisa diremehkan begitu saja. Kenapa gitu?


Yuk, ah mari lanjut lagi ceritanya.


Kedai Mbak Merry sebenarnya merupakan warung kaki lima yang berada di Jalan KH Hasyim Ashari 1 Gresik.  Tepatnya sih di Pasar Gresik, sebelah Toko Ladju Dekat Toko Bidadari Kalitutup.  




Setiap harinya, warung yang menampung mungkin hanya sekitar sepuluh orang ini buka dari jam 5 sore hingga habis. Habisnya jam berapa? Itulah dia yang bikin greget, kadang jam 6 sorepun bisa habis loh.. hahaha.. Soalnya begitu warung mulai digelar, antrian sudah mengular. Dan rata-rata pembelian di atas 5 bungkus per orang. 

Bahkan kata Mbak Merry kadang orderan via WA bisa 20-30 porsi per orangnya.. Aje gileee.. 

Jadi, ceritanya setelah berulang kali nggak pernah bisa ikut temen-temen nyobain babat fenomenal ini, suatu sore atas ajakak kak Tatax dan istrinya yang ayu Mbak Nina, kami berdua, saya dan Nico berangkatlah bersama mereka menuju ke Gresik, untuk berbuka puasa di warung ini. 


Biasanya, untuk menghindari macet, temen-temen berangkat dari Surabaya jam 3 sore. Tapi hari itu kami agak kesorean, dan hasilnya memang bisa ditebak, kami kebetheng macet dan nyampe Gresik agak mepet dengan jam buka. Belum lagi, ternyata kak Tatax lupa-lupa inget lokasinya, karena biasanya yang nyetir kak Bud -_- untunglah Nico bisa baca maps, coba kalo saya yang disuruh baca, bukannya nyampe lokasi bisa kebablas sampe Lamongan kali ya.. (oke.. ini sedikit lebay, tapi percayalah bahwa saya gak bisa baca maps itu adalah fakta).


Dan untungnya lagi pas lagi macet kok ada salah seorang kawan yang koar-koar di WA grup kalo lagi di Gresik dan lagi otw ke Kedai Mbak Merry.. Wuah.. pucuk dicinta ulam tiba, nitip pesenlah kami 7 porsi nasi. 4 nasi babat campur (babat, usus, paru) dan 3 porsi nasi babat.

Soalnya kalau nggak nitip, nanti kami harus ambil nomer antrian, yang belum tentu kebagian juga.. (Thanks to Kak Sulung ^^)

Iya, saking antrinya, di warung ini kamu kudu ngambil nomer antrian biar nggak berebutan. Cukup adil juga sih menurutku. 



Wajib ambil nomer antrian dulu yak...

Bisik-bisik tetangga bilang, selain nasi babat yang wajib dicoba di Kedai Mbak Merry ini es temulawaknya. Sambil menunggu pesanan dibuat, kami menikmati segelas es temulawak jumbo yang emang enak ini.  


Kalau dideskripsikan sih, es temulawak ini menurut lidahku kayak ada semriwing dan rasanya perpaduan rasa antara rempah dan... bubble gum !! hahaha.. serius, itu rasa yang ketangkep lidahku, pas tak tanyain ke yang lainnya kok jawabannya enggak ! -_-"  Ya sutralah pokok koyok ngunu kuwi rasaku.. Harganya cukup Rp 6.000 saja. tapi segernya jos pokoknya..



Es temulawak yang rasanya bubble gum 


Foto bareng mbak Nina yang cantik
Sambil menikmati es temulawak yang disajikan tepat saat waktu berbuka puasa, saya melihat aktivitas penjualnya. Jadi, sekumpulan jerohan yang akan kita pesan sudah dibumbui seperti ini terlebih dahulu. Duh belum digoreng aja sudah keliatan menggiurkan ya. 


Babat yang sudah dibumbui dan siap digoreng
Setelah digoreng nantinya jadi seperti ini penampakannya:


Babak yang sudah digoreng dan siap disajikan
Dan disajikannya bersama nasi putih hangat, serundeng kelapa khas Madura, lauk pauk yang sudah kita pilih, timun dan kemangi, serta tak lupa sambal korek khas Madura yang pedesnya sampe ke ulu hati. Nyelekit, bray.. 

Nah, kalau yang ini pesanan saya 

Nasi babat campur yang lauknya terdiri dari babat , usus, dan paru.
Mau nambah lauk juga boleh, tapi yang jelas kalo beli kudu lengkap pake nasinya, gak boleh lauknya aja. 
Seporsi nasi babat campur ini dihargai Rp 20.000. 
Cukup terjangkau untuk lauk yang berlimpah begitu yo?


Nasi babat campur 
Nah, kalau yang nasi babat aja kurang lebih penampakannya begini. Harganya sekitar Rp 16.000 dan masih bisa nambah lauk juga. 


Nasi babat aja
Dan pada suapan pertama, rasanya sudah bisa disimpulkan kenapa temen-temen saya bisa sebegitu "kemedan" alias tergila-gila dengan babat ini. Bahkan, ada yang seminggu dua kali bela-belain ke Gresik demi memenuhi rasa nikmat di lidahnya. 

Duh, kalo kamu tahu ya, ini babat empuk banget. Ditarik langsung maktlunyur gitu. Nggak butuh waktu lama buat mengoyak dengan gigi. Belum lagi bumbunya yang neresep sampe ke dalemnya aduhh enak buanget.. terus makannya sama sambel yang pedes nyelekit itu.. 

Wes pokoknya nggak salah kalau akhirnya babat ini dinobatkan sebagai peringkat pertama babat terenak yang pernah dicoba temen-temen pakar perbabatan.  Nggak rugi pokoknyaa. 

Kalau penasaran, bisa liat vlognya Kak Budiono dan Trio Babat di bawah ini yak :




Jadi, buat kamu yang lagi mudik ke Surabaya dan sekitarnya bisa nih dicoba. FYI, Kedai Mbak Merry ini cuma tutup di hari H Lebaran, besoknya sudah buka seperti biasa lagi..

Daripada penasaran, cobain yuk.

Pasukan hari itu


Kedai Mbak Merry

Jalan KH Hasyim Ashari 1 Gresik.  
Pasar Gresik, sebelah Toko Ladju Dekat Toko Bidadari Kalitutup
Jam buka : 17.00 - 19.00


2 komentar:

  1. Aku iki sakjane gak doyan babat, tapi membaca reviewmu ini sepertinya menarik. Tapi keterbatasan stok produknya membuat aku sebal.. Ada GoFood nggak sih di Gresik??

    BalasHapus
  2. Hastagaaaah, aku pengiiiin, kapanlah bisa ke surabaya ini yaaaaa :p. Ini banyak bgt list kuliner surabaya yg udh aku save tp blm dicoba krn ga jadi2 ke surabayanya wkwkwkw... Jadi kalo mau ke mba merry ini, sebelum jam 5 sore aku udh ngantri aja ya mba :p

    BalasHapus