Selasa, 27 Februari 2018

Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018 : Jalan-Jalan sambil Hunting Foto barengan Local Guides Surabaya di Kebun Binatang Surabaya





Sekilas tentang Google Local Guides 


Gaes, pernah nggak kamu merasa terbantu dengan adanya titik-titik lokasi saat kamu mencari suatu tempat di google maps?


Kalo pernah, itu semua nggak lepas dari peranan para Google Local Guides yang secara antusias memberikan ulasan pada berbagai tempat di suatu daerah. Misalnya tempat-tempat wisata, restoran, rumah sakit, SPBU, tempat ibadah, kafe, mall, atau berbagai tempat yang dianggap penting lainnya supaya mempermudah pencarian lokasi bagi yang membutuhkan informasi. 


Para local guides ini nggak cuma memberikan titik pada lokasi tersebut, tapi juga sekaligus memberikan foto dan ulasan tentang tempat tersebut, sehingga semakin memperjelas informasinya. 


Karena kami berdua, saya dan Nico gemar mereview, tentu saja fitur dari google ini nggak luput dari perhatian kami. Apalagi,  kebetulan salah seorang "teman makan" kami, kak Budiono adalah salah satu yang beruntung diundang untuk menghadiri Google Local Guide Summit 2017 di San Fransisco, tahun 2017 kemarin.


Beliau inilah yang kemudian memprakarsai adanya meet-up2 para local guides yang ada di Surabaya. 


Meet Up pertama kami bertema : Worldwide Foodcarwl yang diinisiasi oleh kak Budiono Sukses sendiri. Saat itu kami ber-lima belas orang berkumpul, kenalan, di Soto Ayam Cak Har dan ngobrol seru tentang banyak hal di sana.




Selanjutnya meet up berikutnya yang akan saya ceritakan kali ini, dalam rangka mendukung Worldwide Photowalk Meetup yang diinisiasi oleh AlejandraMar√≠a dari Ayamonte, Spanyol. 

Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018


Selamat datang di Kota Surabaya.


Sebenarnya, ide awal acara ini diadakan di Food Junction Grand Pakuwon yang merupakan public area dengan landmark yang indah dengan area parkir yang luas dan tempat berkumpulnya tenant2 kuliner yang cukup terkenal di Surabaya ini. 


Namun, karena lokasinya terlalu jauh dan dengan berbagai pertimbangan serta usulan, maka acara Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018 berpindah lokasi dengan mengambil lokasi di Kebun Binatang Surabaya ini. 

Sudah pada tahu kan kalo Surabaya punya Kebun Binatang yang dulu merupakan salah satu kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara? Setelah sempat mengalami krisis beberapa tahun silam, kini KBS  berusaha untuk bangkit kembali meraih kejayaannya dan secara resmi dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.


Nah, meet-up yang diadakan secara serentak di seluruh dunia itu, diadakan pada Hari Sabtu / Minggu, 24 atau 25 Februari 2018 dan tujuannya untuk mencari sebanyak mungkin  foto terbaik untuk diunggah di Google Maps. 

Untuk Surabaya sendiri dipilih hari Sabtu, 24 Februari 2018 dan diikuti oleh 17 peserta. 



Yang salah satunya datang jauh-jauh dari kota Blitar, yaitu mbak Nunung Afuah yang baru-baru ini kepilih sebagai CONNECT MODERATOR -nya Indonesia. Sama seperti kak Budiono, mbak Nunung ini juga salah satu yang beruntung diundang menghadiri Google Local Guide Summit 2017 di San Fransisco seperti yang sempat saya bahas di atas. 




Ada apa aja sih di Kebun Binatang Surabaya?

Saat disuruh memilih apakah meet-up tetap di Food Junction atau beralih ke KBS, saya salah satu yang antusias milih KBS hahahaa. Ya iya lah, selain sudah lama nggak kesana, saya pingin liat juga perubahan KBS yang katanya jadi semakin bersih dan apik. 

Terakhir kali ke sana sekitar 3-4 tahun yang lalu, dan menurut saya saat itu memang sudah terlihat bagus kok. Tapi, daripada penasaran.. yuk, kepoin apa aja sih yang ada di KBS lewat hasil hunting foto saya di acara Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018 ini?

Sebelum masuk, kita beli tiket masuk di area loket di depan pintu masuk KBS. Meski hari itu terlihat rame sekali karena ada 3 acara lomba anak TK, tapi loket tetap aman dari antrian kok. 



Harga tiket masuk per-orang adalah Rp 15.000, dan untuk anak-anak di atas 85 cm wajib bayar penuh ya. 



Tiket masuk yang sudah dibeli wajib dibawa sendiri oleh masing-masing orang, dan diserahkan pada petugas untuk kemudian dipasangkan di pergelangan tangan sebagai gelang. 


Setelah itu kita mau kemana ya?
Nggak perlu bingung, Gaes. Karena kita bisa melihat lokasi KBS pada papan PETA KEBUN BINATANG SURABAYA yang berada tepat setelah pintu masuk.




Ada berbagai kategori hewan yang dibagi berdasarkan spesiesnya : AVES, REPTIL, PISCES, MAMMALIA. 

Yuk, kita lihat barengan beberapa koleksi foto yang sempat saya rekam. Sebenarnya sih saya mendapatkan lebih dari 100 foto, tapi demi kebahagiaan banyak orang yang membaca blogpost ini, saya ambil beberapa di antaranya saja ya #nyengir

Maapin kalo rada ngeblur-ngeblur manja, beruntunglah pas kami disana cuaca agak mendung jadi nggak terlalu panas untuk berjalan-jalan, tapi ya itu, kamera handphone saya jadi kurang pencahayaan :( . 


Ada berang-berang yang hobi naik turun kolam renang | www.nyonyakece.com
Area permainan air khusus anak | www.nyonyakece.com
Jenis permainan air khusus anak | www.nyonyakece.com
Saya baru tahu lho  kalo KBS ada kolam renang anaknya  | www.nyonyakece.com

Untuk berenang, wajib membeli tiket sebesar Rp 10.000 per orang | www.nyonyakece.com
Eh, kolam renang anaknya cukup bersih juga ya | www.nyonyakece.com
Sandang Lawe| www.nyonyakece.com
Flamingo Minor | www.nyonyakece.com
Flamingo Minor yang makanannya dari udang dan wortel untuk memunculkan warna orange di bulunya | www.nyonyakece.com
KBS punya banyak sekali koleksi Pelican Kacamata lho  | www.nyonyakece.com


Ukuran Pelican Kacamatanya bener-bener gedhe | www.nyonyakece.com
Nggak perlu takut kesasar, ada peta ke-2 ini | www.nyonyakece.com


Ada koleksi berbagai jenis ikan di sini. Ada tiket masuk sebesar Rp 20.000 | www.nyonyakece.com


Beruang madu || www.nyonyakece.com


Beruang madunya lagi pacaran, cuy | www.nyonyakece.com
Buaya Irian | www.nyonyakece.com
Buaya Irian, satu tapi gedenya luar biasa | www.nyonyakece.com
Aneka jenis primata | www.nyonyakece.com

Aneka jenis primata | www.nyonyakece.com
Ada wahana baru. Breakfast with elephant | www.nyonyakece.com
Ada wahana baru. Breakfast with elephant | www.nyonyakece.com
Harga tiket  Breakfast with elephant  sebesar Rp 75.000|| www.nyonyakece.com
Aneka jenis mammalia | www.nyonyakece.com
Aneka jenis mammalia | www.nyonyakece.com

Celeng Goteng | www.nyonyakece.com


Onta | www.nyonyakece.com

Selain itu, ada apalagi?


Perpustakaan yang sayangnya sedang tutup | www.nyonyakece.com





Bisa buat kaos dengan foto pribadi | www.nyonyakece.com


Aneka kuliner | www.nyonyakece.com


Menu - menu yang ditawarkan | www.nyonyakece.com
Nah, itu tadi sedikit gambaran tentang KBS, yang jelas dengan tiket masuk yang terjangkau. KBS saat ini sudah menawarkan berbagai fasilitas yang oke kok, termasuk tempat duduk yang banyak di sepanjang jalan biar pengunjung nggak kecapekan, kamar mandi yang bersih (dan berbayar, gpp sih yang penting terjaga kebersihannya), masjid, dll.  Jadi nggak bakalan kuatir kalau kita mau ajak keluarga ke sana. 

Oh ya, ada sepda ini juga, mungkin disewakan buat pengunjung yang nggak kuat jalan kaki, kayak yang ada di Eco Green Park itu kali ya. 

Baca juga : Ngedate Seharian Bareng Suami di Eco Green Park Batu



Tapiiii.. ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum berangkat.

1. Dilarang memberi makan satwa
Tahu nggak sih, gegara masalah yang kamu anggap sepele, bisa berpengaruh pada keselamatan jiwa satwa lho. Jangan coba-coba melanggar deh.Sayangnya, meski sudah diumumkan berulangkali juga petugas memberikan pengumuman lewat pengeras suara, masih ada aja yang pura-pura nggak denger, dan ngasih makan satwa secara sembarangan. 
Bahkan, pas itu saya liat ada beruang yang lagi ngunyah balon2 kecil maenan bayi. Hiks.. jahat banget !



2.  Pakai alas kaki dan pakaian yang nyaman
Ini area KBS luas banget lho ya, kalo nggak salah sebesar 15 hektar.  Nggak perlu bergaya-gaya pake high heels kalo nggak mau kakimu lecet dan bikin gak nyaman acara jalan-jalanmu! Eh, gitu juga dengan pakaian yang dipake.Pokoknya buat dirimu senyaman mungkin. 

3. Bawa payung, topi, atau jas hujan
Cuaca di Surabaya belakangan ini nggak bisa ditebak, Sis. Jangan sampai hanya karena panas yang menyengat terus bikin kamu pusing dan nggak bisa menikmati acaramu. Pakai payung, atau topi untuk mengurangi paparan sinar matahari, dan jangan lupa lengkapi dengan jas ujan supaya tetap bisa jalan saat ujan. Soalnya spot untuk berteduh nggak banyak juga sih. 

4. Awasi anak-anak
Meskipun kandang hewan cukup aman, sebaiknya awasi anak-anak agar tidak membahayakan dirinya. Apalagi lokasinya cukup luas dan dipenuhi banyak orang saat weekend. 

5. Buang sampah pada tempatnya
Inii yang seringkali terlewat. Meskipun banyak petugas kebersihan, nggak ada salahnya kan kita mandiri dan bertanggung jawab terhadap sampah yang kita bawa. Apalagi, di KBS ini dibebaskan untuk membawa makanan sendiri dari luar. Hmmmm... masih ingat slogan, kebersihan adalah bagian dari iman? 

Fiuh, akhirnya selesai juga cerita saya tentang keseruan Worldwide Photowalk Meetup Surabaya 2018 kemarin. Selain acaranya asik, temen-temen baru yang datang kemarin juga asik-asik lho. 

Kalau ada yang nanya acaranya sebenarnya kayak apa sih? Nggak ada yang resmi kok, cuma kenalan dan ketawa-ketiwi bareng. Seru !!

Last but not least, maturnuwun buat semua yang hadir dan memberikan keseruan di acara Worldwide Photowalk Meetup Surabaya. Kak Budiono, Arif, Oerika, Arief Anshori, Nunung, Dadu Adi, Prisa, Rahma, Salva, Prisa, Hamid, Elyudith, Alif, Vita, Rorohais, Ismi. Sampai ketemu lagi di acara selanjutnya !!


Kebun Binatang Surabaya kini ada photoboothnya | pict by : Arief

Kebun Binatang Surabaya
Jl. Setail 1 Surabaya
Jam buka : 08.00 - 17.00


6 komentar:

  1. Huaaahhh udah tayang aja
    Saya masih otewe hehe

    Saya kok mulus banget wajahnya di situ ya, haha
    Semoga bisa meet up lagi ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha *mumpung lagi rajin

      Iyaaa mulus banget, sayangnya kok ga ada foto salva blas yaaa..

      Yukk.. kita komporin kak Bud biar segera meet up ..hihii

      Hapus
  2. Huaaaaaa ralat @RoroHais wkwk btw nice recap ^^~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha maappp. syudah diralat wkwkwkw

      makasih sudah nengok2 ya :D

      Hapus
  3. ohh nama lengkapnya roro itu hartinah isyani disingkat hais toh. *baru tau

    BalasHapus
  4. sudah lama banget nggak ke KBS nih. Betewe, acaranya seru ya mbak

    BalasHapus