Jumat, 02 Februari 2018

Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara


Suatu hari,  pas saya baru bangun di pagi hari, ada kegaduhan di WAGrup para admins Surabaya Kuliner. Bukan perkara apa sih, si kakak tua Cak Tatax ngajak sarapan ndek-ndekan alias nyemil satu jujugan kuliner yang hari itu baru buka di sekitaran Rungkut. 

Penasaran apa sih yang bikin si kakak heboh, ternyata oh ternyata, beliau ngajak kami untuk menikmati punelnya Ketan Cak'Cix yang lokasinya nggak jauh dari rumah. Okelah, budhal yuk.. cuzzz.. !

Ternyata pas nyampe lokasi.. ealah ini kan ketan yang kapan itu sudah aku lirik pas lewat di daerah Tenggilis. Girangnya hati ini, dan nggak inget kalo seperempat jam yang lalu sudah ngabisin sepiring nasi urap yang porsinya bikin spanneng.. Jumbo, bos!

Yup, namanya Ketan Cak'Cix, lokasinya di sederetan Pasar Soponyono Rungkut, jadi satu dengan gerai ayam Pak Gembus. Gerainya kecil aja sih, cuma berupa rombong bersih kayak begini, dan ada satu meja kecil dengan sekitar 6 kursi, dan satu tikar yang digelar buat yang mau lesehan. 


Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara | www.nyonyakece.com
Biar begitu, jangan ditanya frekuensi pembelinya. Byuh.. per orang bungkus 5,8, 10. Pantes aja sih yang di Tenggilis baru 2 jam sudah ludes satu termos gede. 

Jadi semakin penasaran nih, apa sih yang buat mereka kesengsem sama ini ketan. 
Yo wes aku pesen seporsi aja deh buat berdua, meski kak Tatax bilang ini cuma kudapan, tapi gimana bisa masuk semua kalo perut masih full(keliatan jaim gak sih? hahahaha)

Eh , awalnya kupikir gerai ketan ini bakalan jual topping yang macem-macem kayak keju, susu kental manis, atau duren gitu, ternyata enggak lho. Bisa dibilang toppingnya original gitu. Ah, sesuai lah sama seleraku yang jadul 



Menu Ketan Cak Cix | www.nyonyakece.com
Harganya juga cukup terjangkau yak? Cocok banget buat sarapan di pagi hari. Nggak berat, tapi mengenyangkan.

Mau disantap di tempat atau dibungkus, kemasannya sama saja. Cantik. bersih, rapi seperti ini, lengkap dengan sendok plastiknya. Jadi, buat yang keburu ngantor bisa sarapan di mobil nih. 


Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara | www.nyonyakece.com
Karena pesen cuma seporsi, jadi pilih toppingnya yang campur aja, tuh yang nomer 5. Ketan Campur KS yang toppingnya Bubuk kedelai, parutan kelapa dan serundeng. 

Ketannya beneran gurih dan pulen, dibentuk love-love pula hahaha. Serundengnya sedep banget dengan taste manis, yang tambah sip aja saat dipadukan dengan bubuk kedelai gurih . Toppingnya melimpah dan nggak pelit, euy!



Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara | www.nyonyakece.com
Kalau ini pesenan kak Tatax, ketan serundeng aja. 


Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara | www.nyonyakece.com
Yang ini ketan abonnya Kak Budiono Sukses si Youtuber yang senengannya ngomong "Hallo, gess.. " πŸ‘€

Ketan Cak Cix : Ketannya para Cacak dan Tacix yang Punelnya Juara | www.nyonyakece.com
Aduh, maafkan fotoku yang keijo-ijoan ini yak.. huhuhuhu.. Maklum aja itu atapnya fiber warna ijo, jadi yang difoto ikutan ijo, bahkan foto kami ber-empat mirip Sherk πŸ‘€



Oh ya, saya tadinya saya penasaran, kenapa sih ketan ini dinamakan Cak Cix. Taunya karena di Tenggilis, pembeli ketannya mayoritas para cacak ( boso Suroboyoan yang artinya Mas ) dan para tacik ( er.. semacam cece atau mbak dalam bahasa Mandarin) huhehehehe.. kreatif juga ya..


Ketan Cak'Cix ini buka mulai jam 06.00 dan jangan sampai kesiangan, nggak ikutan nanggung ya kalo sudah abis.. hohoho.. 

Yang jelas, saya bakalan balik buat ketan ini.. ah seandainya mama ada di Surabaya, pasti suka nih kalo dibeliin ketan punel ini untuk menu sarapan.. Kapan-kapan ah.. ajak mama kemari.. πŸ˜‹

Ketan Cak'Cix
Jl. Rungkut Asri Utara 6/30
Buka setiap hari : 06.00 - abis
Instagram : @ketancakcix


12 komentar:

  1. Kuliner lagi. Setiap mengunjungi bawaannya pengen nyobain aja, cuma nggak buka cabang disini.

    Ehe, "Maklum aja itu atapnya fiber warna ijo, jadi yang difoto ikutan ijo, bahkan foto kami ber-empat mirip Sherk πŸ‘€" HAHAHAHAHA. Foto terakhir orangnya jadi ijo gitu astaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih.. fotonya ketampiasan warna ijonya atap jadi manusianya udah pada bunder, ijo pula makin mirip SHERK kan :))

      Hapus
  2. Ngiler mba asli deh...
    suka bgt ketan, jd kangen ketan buatan mamih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. ketan itu emang enak, gurih, apalagi dimakan pas anget.. dan punel.. wih.. laper lagi jadinya :D

      Hapus
  3. Lezat tuh makan ketan, jadi kayak hajatan gitu, karena di tempat saya makan ketan cuma waktu ada acara sunatan, nikahan atau hari besar islam hehehe., Ide usahanya bagus bisa buka franchise ketan cak cix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? tempatnya dimana kak? Di surabaya, malang banyak penjual ketan nih, bahkan kalo di pasar2 juga ada yang sudah dipacking mika lengkap dengan parutan kelapa dan bubuk kedelainya.. Yuk.. diikutin kak usaha ini :D

      Hapus
  4. Duuhh ngilerr! Aku suka banget ketan serundeng, dulu hampir tiap pagi aku makan itu. Sayang ketan cak cix ini kayaknya nggak ada cabangnya di tempatku, kalau ada sih kudatangi tiap hari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaa.. ada dimana mbak tempatnya? Enak ini.. serundengnya gurih, ketannya punel, anget pula.. hmmm.. ngiler barengan yuk :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. Ayo mbak kalo ke Surabaya makan ketan sama saya :D

      Hapus
  6. Sumpaaaah mba, aku paling sukaaa ketan yg toppingnya gurih gini :D. Drpd yg manis, jauh lebih enak kal pake serundeng, kelapa ato abon lah.ketan sebenernya makanan yg srg dimasak di kampungku.. Mama jg sering bikin. Biasany pake serundeng. Ato kita makan pake durian. Di sibolga ato medan makan ketan pasti begitu.

    Ini wajib aku catet lah. Kalo ke surabaya hrs didatangin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull.. ketan dan parutan kelapa paling asoy disantap barengan yang gurih-gurih.. hayuklah kalo ke Surabaya, cobain ketan cak cix..

      DURIANnyaaa bikin ngilerr

      Hapus