Senin, 22 Januari 2018

Finna Foodies Cooking Competition : Saat para Foodies Surabaya beradu kreasi pedas Sambal Uleg Finna


Saat para Foodies Surabaya beradu kreasi pedas Sambal Uleg Finna, apakah hasil masakannya semenggugah review kulinernya?

Setelah menempuh jarak sekitar 40 km dari ujung Timur Rungkut menuju Food Junction yang di ujung Barat Tandes, akhirnya saya (yang nunut kak Bud, makasih ya kak!) nyampe juga di lokasi acara : Finna Foodies Cooking Competition with Chef Ken. 

Sudah dua kali ini saya "nekat" ikut Cooking Competition dimana Chef Ken - The Bigger Chef jadi jurinya. Sok iyes aja sih sebenernya, meskipun  sering upload-upload foto hasil masakan, kenyataannya setiap hari saya dan Nico selalu sarapan Nasi Bungkus 6000-an, lalu beli lauk-pauk siap saji di warung sekitar rumah. πŸ˜‚πŸ˜‚


Finna Foodies Cooking Competition with Chef Ken | www.nyonyakece.com
Yup, jadi hari itu, saya dan teman-teman Foodies Surabaya, yang selama ini sering dinanti review kulinernya beradu kehebohan untuk mengkreasikan Sambel Uleg Finna dalam sebuah masakan yang bahannya masih misterius, dan nggak akan diinfokan sebelumnya. 

Hulala.. piye iki critane? Saya sih pede aja, kalo saya bakalan bisa masak dengan bahan-bahan itu (sombong), tapi saya sekaligus juga nggak yakin kalo masakan saya rasanya enak hahahaha (merendah) ..

Tapi, setidaknya saya yakin kalo ada sambal uleg Finna dan kerupuk Finna, setiap masakan pasti dijamin enak. Apalagi, sudah 3 tahun ini, di rumah emang selalu sedia sambal uleg terasi Finna. Saya kan nggak bisa makan lahap kalo nggak ada sambal. Intinya sih, produk ini bukan barang baru buat saya dan Nico hihihi.. 


Sambal Uleg Finna, mana favoritmu? | www.nyonyakece.com
 Namanya lomba, pasti dong ada aturan. Jadi, setelah registrasi kami diberi lembaran berisi guidelines (yang banyak banget pointnya 😁 )


Guidelines | www.nyonyakece.com
Dan salah satu aturannya, 1 kelompok peserta lomba terdiri dari dua orang. Fiuhhh untung saya daftarnya berdua, kalo daftar sendiri-sendiri, harus cari dimana pasangan lainnya hihihi. Tapi, nggak harus suami istri sih sebenarnya, ada juga yang barengan adik, kakak, temen, bahkan ada yang pinjem adiknya temen juga.. hahaha.. Sah-sah aja kok.. tapi kalo pasangannya suami atau istri sendiri, pas difoto kan keliatan romantis kek gini .. *cling*  


Guidelines #1 : 1 kelompok terdiri dari 2 orang. | www.nyonyakece.com
Nah, selanjutnya kami disuruh memilih maksimal dua jenis sambal uleg Finna. Oh ya, sambal uleg Finna ini ada empat varian ya. Sambal terasi, sambal hijau, sambal bawang, dan sambal pedas. 

Saya dan Nico sih nggak pakai lama memutuskan yang mana bakal kami pilih. Soalnya emang sudah pernah nyobain ke-empatnya, dan favorit kami tetep : Sambal terasi dan sambal hijau yang punya taste kuat dibandingkan yang lainnya. Soal selera aja sih sebenarnya. 
  
Pilih dua jenis sambal dari empat varian Sambal Uleg Finna yang ada | www.nyonyakece.com

Oh ya, ini station yang bakal jadi area cooking competition. Setiap meja ada pan, kompor, dan segala perlengkapannya yang harus steril dari peserta hingga acara berlangsung. Kalau nggak salah sih ada sekitar 30 pasang peserta yang ikut serta di acara Finna Foodies Cooking Competition with Chef Ken ini. 

Area cooking competition  | www.nyonyakece.com
Kenapa harus steril? Karena kayak yang sudah saya ceritakan sebelumnya, peserta nggak tahu bahan apa yang harus dimasak sampai mistery box ini dibuka. Dan, serunya setiap meja bakal dapat box yang isinya berbeda satu sama lain. Jadi gak bisa nyontek dan intip-intipan resep. 


Mistery Box | www.nyonyakece.com
Chef Nico lagi memilah-milah bahan  | www.nyonyakece.com
Saat acara dimulai, salah satu dari kami diperbolehkan untuk membuka mistery box itu, dan diberi waktu semenit (only semenit booo ) untuk mendiskusikan kreasi apa yang akan kami buat. 


Harus pake ekspresi kaget gitu, biar uwow | www.nyonyakece.com
 Inilah dia isi mistery box kami yang dapat nomer meja 10 : bawang prei, macaroni, kecap asin, jeruk nipis, kacang mente, cabe merah besar, tomat, dada ayam, dua butir telur, bawang merah, bawang putih. 

Dududududu.. ini mo dimasak jadi apaan? Meskipun dikasih waktu masak 90 menit, tapi tetep bingung juga mo dimasak jadi apa ini. Apalagi, dari semua bahan yang ada, harus dipakai semua, dan hanya boleh menyisakan dua bahan saja. Serta harus menggunakan sambal uleg dan kerupuk sebagai bahan wajib. Nah, lho..


Bahan yang harus diolah. Cuma boleh menyisakan 2 bahan saja  | www.nyonyakece.com
Sooo.. setelah bisik-bisik mesra, kami berdua memutuskan untuk meninggalkan satu bahan saja. Kacang mente. Yang menurut kami berdua terlalu ribet kalo harus ngolah mente ini. Pertama-tama pembagian tugas dulu lah.. Nico dapat tugas buat nggoreng kerupuk udang yang kami pilih (Kirain kerupuknya sudah siap, Sis, ternyata tetep kudu nggoreng juga) dan untungnya yang biasanya nggoreng kerupuk di rumah ya Nico .. saya sih paling males goreng kerupuk, enak juga tinggal lhep. Tapi, tetep aja kasih instruksi buat ngingetin :

"Beb, sebelum kerupuk digoreng, minyaknya kudu panas, tapi api kecil ya" dan dijawab Nico dengan manggut-manggut .

Sembari nunggu Nico goreng kerupuk di area lain, saya mulai menyiapkan bahan dan membuat topping pasta yang nantinya akan kami sajikan. Menu apa sih yang bakalan dibuat? 

Ayam mercon menggunakan Sambal Terasi Finna  | www.nyonyakece.com
Dada ayam ini bakalan kami jadikan topping pasta yang diolah dengan menggunakan Sambal Ijo Finna. Sejujurnya, saya dan Nico sempat diskusi lama, mana yang lebih masuk akal, pasta dengan sambal hijau bertopping ayam sambal terasi atau sebaliknya. 

Dan, inilah hasil keputusan kreasi kami : 


PASTA AYAM MERCON dengan SAMBEL ULEG FINNA 

Kenapa kok pasta ayam mercon sih namanya? Lha, kan ini sambal terasinya ala tradisional, jadi harus pake nama Indonesia dong, terus kenapa Mercon? Ya, karena pedes  hahaha (sudah, gitu aja). Sebenarnya sih nama ini idenya Nico, dan saya yang pelupa, karena panik juri mo mendekat dan Nico sibuk nyuci wajan, terus-menerus menanyakan nama ini berulangkali sampai akhirnya terpaksa saya tulis di hape hahahaha..  

Jadi, dada ayam itu kami olah dengan menggunakan tumisan bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, dan nggak ketinggalan hampir setengah jar sambal terasi Finna. Lho, kok banyak amat, sis? Lha.. namanya aja Ayam Mercon, kalo pedesnya cuma dikit, kan nggak meledak (*krik..krik..krik.. garing ) 


PASTA AYAM MERCON dengan SAMBEL ULEG FINNA | www.nyonyakece.com

Kalau menurut Chef Ken sih, pastanya sudah al dente, dan sensasi pedas baik topping maupun pastanya dapet banget..  (Ssst.. itu krupuk udang hasil gorengan Nico 😊 ). Oh ya, di salah satu guidelines, ada aturan kalau peserta harus ikutan makan hasil masakannya. hahahaha.. Jurinya takut kena zonk ya πŸ˜„πŸ˜„

Point penilaiannya banyak, selain rasa, tampilan, foto, ternyata kebersihan meja juga harus diperhatikan lho. Itulah pentingnya kerjasama tim yak.. 

Foto bareng Juri, Inijie dan Chef Ken | www.nyonyakece.com

Setelah masakan jadi, kami harus memfoto dengan menggunakan properti yang telah disediakan, lalu mempostingnya di Instagram masing-masing. 


Properti | www.nyonyakece.com
Dasar kompak, kami yang biasanya bersama ini, daftar bareng, janjian bareng, berangkat bareng, dan selalu makan-makan bareng, selesai masak dan fotonya bareng juga. Yo wes ayo kita foto keluarga dulu (sayang kak Bud lagi sibuk syuting-syuting jadi ketinggalan foto bareng)

Foodmate - admin Surabaya Kuliner dan pasangan| www.nyonyakece.com
Dan.. saat yang ditunggu-tunggu tiba..  Pengumuman pemenang.. 

Gimana nih juri, kami menang nggak.. ?? Deg.. deg.. deg...
dan ternyata.. 

ENGGAK! sodara-sodara hahaha. 

Nggak ada satu kategoripun yang menang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ hahahaha.. namanya aja dari awal sudah sok iyes.. 

Btw, aelamat ya buat pemenang.. Kalian emang juwara !

Yang kalah, gak perlu galau dan baper, dapet goodie bag isi sambal sachet, kerupuk mentah, kerupuk udang, dan voucher makan di WOK, plus kaos oren  aja sudah bahagia.. Hahaha.. tapi acaranya cukup seru kok, apalagi juri-jurinya juga humble dan ramah. 

Bolehlah kalo ada acara cooking competition ikutan lagi.. siapa tau kali ini jadi pemenangnya. (Aminn.. )


Goodie Bag plus apron yang boleh dibawa pulang :D | www.nyonyakece.com


7 komentar:

  1. Wooh keren bisa dibikin kreasi juga sambal finna ya. Asik jg bs foto ama chef ken

    BalasHapus
  2. Sambal dari fina emang enak bgt buat pelengkap makanan.seru bgt ya food competitionnya. Apalagi liat ekspresi kagetnya itu loh lucu maksimal..wkwk

    BalasHapus
  3. Sambal Finna membantu rasa masakan banget jadi terasa enak. Aku sempat bingung lho, Mbak. Modal bumbu bawang putih 3 biji, cabe biji arep tak apakno.. Tak bleki ae sambal terasi Finna. Ndilalah enak! Wakakaka

    BalasHapus
  4. widih... aneka makanan pedess ya, jadi ngiler lihat ayam mercon-nya...

    BalasHapus
  5. Salam kenal ya Mbak.. semoga bisa ketemu lagi dan seru-seruan lagi, next time..

    BalasHapus
  6. sambelnya bikin ngiler, apalagi hasil kreasi masakannya

    BalasHapus
  7. Lomba bikin mercon noh ceritanya.. yang mbledos malah jurinya.. kepedesan.. heheh

    BalasHapus