Jumat, 26 Januari 2018

Pempek Farina : Berawal dari Gerobak lalu Berkembang Menjadi Puluhan Cabang


Pempek adalah salah satu kuliner favorit saya dan Nico. Di Surabaya sendiri, ada satu brand pempek yang terkenal dan banyak dijumpai gerainya di mall - mall dan pusat perbelanjaan. Siapa sih arek Suroboyo yang nggak kenal dengan kelezatan Pempek Farina?

Yap, Pempek Farina ini pertama kalinya saya coba pas awal-awal saya pindah Surabaya sekitar 5 tahun lalu. Saat itu, seorang kenalan kami mengajak ketemuan di gerai Pempek Farina yang ada di Jalan Nginden.


Namanya juga baru pindah, jadi masih cupu banget soal kuliner di Surabaya. Jadi ya pas nyobain malu-malu gitu deh, selanjutnya ketagihan sampai sekarang, dan nggak heran, kalo akhirnya setiap kali ngemall biasanya pilihan menu wajib yang kami pilih ya Pempek Farina 😁😁




Pempek Farina Rungkut | www.nyonyakece.com
Bagaikan gayung bersambut, saya kami semakin heboh saat suatu saat melihat ada outletnya di deket rumah. Wah .. sekarang kalo kepingin pempek nggak perlu nunggu nge-mall dulu, apalagi sekarang sejak kerjaan bejibun sudah jarang banget ngemall (eaaa malah curhat 😄 ) 


Pempek Farina Rungkut | www.nyonyakece.com
 Nah, ini uniknya.. meski lokasinya sangat dekat dengan rumah, kami justru ordernya lebih sering lewat Gofood hahaha.. hingga kemarin, saat ada teman yang ngajak untuk makan siang bersama, baru deh untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di sana. 😁


Pempek Farina Rungkut | www.nyonyakece.com
Dan ternyata cukup cozy juga ya. Suasananya tenang, tempatnya lumayan luas dengan nuansa orange yang dipakai membuat suasana makin errr.. romantis? 😍 Jadi nyesel nih kenapa nggak dari awal aja yah nongki disini hahaha.

Oh ya, usaha pempek yang berawal dari gerobak di Jalan Tidar di tahun 1994 dan hingga saat ini punya sekitar 26 cabang yang tersebar di Surabaya dan Sidoarjo bahkan Makassar dan Bali ini punya beberapa variasi menu yang bisa kita pilih. 


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com


Daftar menu| www.nyonyakece.com
Dan menu yang kami pilih juga nggak pernah berubah dari hari ke hari. Ini dia si kapal selam favorit kami 😊 . Jadi ini pempek dengan isian kuning telur utuh di dalamnya.. Wuenak dan puas gaes!


Kapal selam| www.nyonyakece.com


Selain pempeknya yang emang gurih karena dibuat dari daging ikan tengiri asli, yang saya suka dari Pempek Farina ini adalah cukonya. Itu loh, kuah hitam manis dan kecut yang jadi kekhasan hidangan pempek. Meski nggak sepekat di daerah aslinya, tapi perpaduan rasa cuko yang sudah disesuaikan dengan lidah Suroboyo saat dipadukan dengan pempeknya.. uah... bikin nagih! 

Sebenernya kemarin masih pingin nambah pempek kulit yang juga biasa kami order, tapi pas hari itu badan not delicious jadi sekalian pingin ngicipin menu lain yang berkuah panas.  

Ada dua menu berkuah sebenarnya, tekwan dan model, keduanya sama-sama sup khas Palembang. Bedanya, kalau model ada campuran tahunya, sedangkan tekwan hanya adonan ikan (yang sebenarnya juga pempek tapi tidak digoreng) saja.  Dan saya pun tertarik dengan tekwannya. 

Tekwan |  www.nyonyakece.com
Duh, ini tekwan enak banget yaa.. kaldunya yang gurih dan terbuat dari kaldu ikan dan udang, pas disajikan panas-panas ditambah sedikit perasan jeruk nipis dan sambal pedas, langsung bikin badan seger banget pake nget..

Tekwan seharga RP 18.000 ini porsinya cukup banyak lho, apalagi selain adonan ikan masih ada isian suun dan jamur juga udang. Makin puaslah eike.. worth to try deh.. serius.. pokoknya kalo order dan mau buat badan seger, minta disajikan dalam keadaan panas .. (eh tapi meskipun nggak rikues, datangnya juga udah panas sih.. ya jaga-jaga kali aja kurang panas buat kamu gitu maksudnya)


Farina To Go|  www.nyonyakece.com
Masih belum puas makan pempek tapi sudah kenyang? Atau pingin beli buat dijadikan oleh-oleh? Nggak perlu ribet, order aja Pempek Farina To Go dalam kemasan frozen ini. Praktis, dan dapat bertahan lama karena dibungkus dalam kemasan kedap udara. 


Farina To Go|  www.nyonyakece.com

Farina To Go|  www.nyonyakece.com
Ngiler nggak sih? Jadi, timbang terbayang-bayang kayak saya pas lagi nulis ini.. Langsung cuzz aja deh kesana, kayaknya siang nanti saya juga mo balik Pempek Farina Rungkut. Mau ikut?

Pempek Farina
Lokasi : Jl. Rungkut Asri Barat XII No.13, Kali Rungkut, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293
Jam buka : 09.00 - 21.00
Instagram : @pempekfarina



8 komentar:

  1. pagi pagi baca postingannya mbak, bikin ngiler... hehehe. itu kalau soal rasa sama pempek ny.kamto enakan mana yaa mbak ? *justtanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lidahku sih ya, untuk cuko mantapan farina, untuk pempeknya sedikit lebih gurih kamto :D

      Hapus
  2. Ngileeer pempek yang kapal selam uwww

    BalasHapus
  3. Semua masakan palembang itu enak :p. Pas kesana thn lalu, aku diajarin ama sepupu yg org palembang, kalo makan tekwan, kuahnya dicampur dikit ama cuko pempek. Makin enak. Aku coba dong, dan beneran enaaak hahahahah.. Jd pgn ke palembang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh kayak gitu yaa.. oke deh, cuzz lah kalo ke Farina lagi kucoba resep ini hihihi.. makasih mbakk..

      Hapus
  4. Salah satu makanan favorit saya dan suami nih.

    BalasHapus