Senin, 08 Januari 2018

Kikil Penyet dan Iga Bakar Cobek Warung Echo Gubeng Stasiun, Kuliner Anyar di Awal Tahun Ini


Holla, 2018!! Akhirnya, setelah sekian waktu blog ini "diet" di Bulan Desember kemarin, hari ini postingan pertama saya di tahun 2018 akan mereview sebuah spot kuliner anyar, yang masih gress dan kinyis-kinyis, dan baru buka tanggal 1 Januari 2018 kemarin.


Namanya Warung ECHO

Lokasinya di Gubeng Stasiun no 5 jadi di deretan ruko setelah Hotel Cokelat dan sebelum Grand City, atau lebih tepatnya di bawah viaduk (fly-over) Gubeng Lama. 



Warung yang buka setiap harinya dari jam 10.00 - 22.00 ini menawarkan berbagai variasi menu. Bukan saja di olahannya, bahkan bahan bakunya pun beraneka-ragam. 

Coba tengok  daftar menu di bawah ini, kamu bisa pilih menu yang terbuat dari ikan, olahan daging kambing, sapi, ayam, iga, kikil, iso, babat, otot, dll. 

Asik juga nih, menu-menunya nggak ngebosenin dan cocok dibuat makan rame-rame, soalnya bisa puas pilih menu sesuai selera. 




Dan, hari Minggu kemarin, saya dan ke-empat kawan Tim Admins Surabaya Kuliner kebetulan pingin nyobain menu-menu yang kebetulan sudah dilirik temen-temen dari beberapa hari sebelumnya. 



Bersamamu aku kenyang | www.nyonyakece,com
Dan bagaikan orang kalap, inilah menu yang kami pesan. Kok banyak sih, Sis pesennya? πŸ˜† Iya, soalnya kami berlima lagi tahap perbaikan gizi hahaha.. Oke deh, yuk mari kita review satu-persatu menunya. 

Otot penyet dan kikil penyet : Disajikan dalam cobek tanah dengan porsi yang lumayan banyak. Sambelnya sama semua, sambel terasi cenderung gurih asin. Nah, bagian serunya, biasanya otot dan kikil sapi kalau masaknya nggak pinter, cenderung alot. Kalau punya Warung Echo ini, empuk banget ! Apalagi kikil gorengnya, juara!! Empuk to the max! Ramah buat gigi pokoknya.  Saya sukaaa !! 


Otot penyet | pict : www.nyonyakece.com
Kikil penyet  | pict : www.nyonyakece.com
Bebek goreng cobek : Yang ini menu pilihannya Nico. Sambelnya sama dengan sambel otot dan kikil penyet, disajikan di cobek tanah lengkap dengan lalapan juga. Menariknya, potongan bebeknya ini gede banget. Seriusan, gede dan bisa untuk dua orang. Dagingnya pun empuk dan tebel. Hanya saja, untuk ukuran bebek Surabaya, sedikit kurang gurihnya.


Bebek goreng cobek  | pict : www.nyonyakece.com
Iga bakar cobek : Menu ini cukup menarik. Iganya hadir dalam potongan kecil-kecil, kemudian dimasak seperti ditumis, dan disajikan dalam cobek yang masih panas. Hotcobek gitu deh hahaha.. Bumbunya meresap ke dalam setiap potongan dagingnya, dengan rasa yang gurih manis, dan porsi yang besar. 

Saking enaknya, temen aku si Cak Tatax sampe colek-colek bumbunya terus padahal iganya sudah tandas.. (doyan ya kak? hihi)


Iga bakar cobek  | pict : www.nyonyakece.com
Tengkleng kambing : Sejujurnya saya nggak cobain ini, keburu diabisin sendiri sama Kak Budiono πŸ˜†πŸ˜† tapi katanya sih, ini daging kambingnya juga empuk. Bumbu utamanya sebenarnya sederhana hanya merica dan bawang, tapi dimasak dengan aneka bumbu lain dan disajikan dengan taburan bawang goreng. Siapa sih rela bagi-bagi (Ya nggak Kak Bud ?)

Tengkleng kambing  | pict : www.nyonyakece.com
Belum selesai lho, kita masih punya beberapa menu yang perlu dibahas disini.. Semoga Foodlover nggak keburu kenyang liatnya ya.. atau jangan-jangan langsung berangkat ke lokasi? 

Menu selanjutnya adalah : 

Babat Gongso : Kalau nggak salah ini sepertinya menu khas Jawa Tengah ya (Semarang), so rasanya cenderung manis. Jadi kalau mau ngebayangin rasanya, babat yang empuk ini, diolah dengan bumbu tumisan berkecap dan disajikan dengan taburan bawang goreng juga. Kalau lidah saya sih merasa agak kemanisan, tapi menurut teman yang lain enggak. Soal selera kali ya. 


Babat gongso  | pict : www.nyonyakece.com
Sate kambing batibul : Sate kambing muda (bawah tiga bulan) yang perporsinya berisi 10 tusuk ini, disajikan bersama bumbu kacang seperti layaknya sate pada umumnya. Potongan dagingnya cukupan sih, ada daging dan lemaknya juga. Seporsi bisa untuk berdua. Empuk dan nggak amis. Kalau bumbunya, mungkin bisa ditambah kecap sedikit supaya rasanya lebih sempurna. 

Sate kambing batibul  | pict : www.nyonyakece.com
Nasi goreng kambing : Porsinya cukup mengenyangkan, dan potongan daging kambingnya gede dan nggak pelit. Kalau rasanya sih menurut temenku Yuka sudah cukup mantap. Aku udah kekenyangan sih, jadi nggak sempat nyobain yang ini huhuhu...

Nasi goreng kambing  | pict : www.nyonyakece.com

Sebenarnya kami tertarik pesan Sate Maranggi, sayangnya lagi kosong. Gpp deh, next bisa dicoba lagi. 

Secara keseluruhan, masakan di Warung Echo ini sudah cukup oke untuk ukuran warung baru. Apalagi soal olahan dagingnya yang sebenarnya nggak mudah (kambing, otot, kikil, bebek) , warung ini bisa menyajikan dengan tingkat keempukan yang ramah untuk segala usia.  Hanya saja, karena masih baru, mungkin untuk pelayanan agak sedikit keteteran saat ada serombongan memesan dengan porsi besar. Tapi masih bisa ditoleransi kok. 

Untuk harga dan porsi di Surabaya, cukup terjangkau, dan kebanyakan satu menu bisa dibagi untuk dua orang. Tapi, sekali lagi, siapa sih rela bagi-bagi? πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†. Oh ya, menu-menu di atas belum termasuk nasi putih ya. Kami kemarin berhasil menghabiskan 8 porsi nasi putih untuk lauk-lauk tadi hahaha

Kalau kamu tanya mana yang paling saya rekomendasikan? Yang jelas saya jatuh cinta dengan kikil penyetnya yang unik. Kalau kamu, setelah baca review ini, pingin cobain yang mana?

So, buat yang berencana maen ke Surabaya, lokasinya sangat mudah dijangkau kok. 














7 komentar:

  1. Kok jadi lapar ya abis lihat foto-foto di atas uhuhuhu

    BalasHapus
  2. gambar makanannya menggugah selera, jadi laper

    BalasHapus
  3. wow... terima kasih atas ulasannya kak, aku jadi punya referensi kuliner nih.... siang-siang gini aku jadi ngiler kak, aslii enak banget kayaknya ya ^^

    BalasHapus
  4. Ya ampun kikil penyet.. Aku belom nemu ginian di jakarta, langsung ngeces liatnyaaaahhhh. Kalo mampir neng Suroboyo kayanya mesti banget nih cobain iniihhh. Makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
  5. Saya suka bgt kikil & babat, penasaran pgn nyoba...

    BalasHapus
  6. Otot dan kikil penyet ini yang unik. Penyetan dan bebek goreng ini sambalnya sama ya. Kalau tengkleng dan gongso itu saya belum pernah makan. Nice ya, kulineran bareng sesama foodlover. Jadi banyak menu deh :D

    BalasHapus