Minggu, 03 Desember 2017

Ketika Semangkuk Tahwa dengan Kuah Jahe Melawan Dahaga di Teriknya Surabaya


Ketika Semangkuk Tahwa dengan Kuah Jahe Melawan Dahaga di Teriknya Surabaya | pict : nyonyakece.com
Ada yang unik di perkulineran di Surabaya. Biasanya kalau siang sedang terik, paling enak kan makan sesuatu yang dingin dan bikin nyes tenggorokan. Tapi, buat sebagian orang, mereka lebih memilih semangkuk tahwa berkuah jahe yang pedas sebagai pelepas dahaga. Ini juga berlaku buat saya dan Nic yang gampang sekali ngedrop kalo cuaca lagi nggak asik. 

Tauhue (Hanzi: 豆花, hanyu pinyin: douhua), di Indonesia lebih umum dikenal dengan nama tahwa atau kembang tahu, adalah sebuah camilan kecil tradisional Tionghoa. Tauhue adalah dialek Hokkian yang lazim dibahasakan di kalangan Tionghoa-Indonesia. Tauhue adalah penganan populer di Tainan, Taiwan.
Tauhue erat hubungannya dengan tahu karena bahan dan cara pembuatan yang hampir sama. Makanan ini juga disebut puding tahu atau puding kedelai. Tauhue sangat populer di Tiongkok selatan, biasanya dihidangkan bersama dengan air gula. Di Taiwan, tauhue biasanya juga dihidangkan bersama kacang merah, air jeruk nipis untuk menambah keragaman rasa. (Source : Wikipedia)

Dan, semangkuk tahwa alias kembang tahu inilah yang selalu menjadi pilihan kami, selama 3 tahun terakhir  ini. 

tahwa yang lembut | pict : nyonyakece.com


Sayangnya sampai sekarang, saya nggak tahu nama bapak penjualnya 👀


Ketika Semangkuk Tahwa dengan Kuah Jahe Melawan Dahaga di Teriknya Surabaya | pict : nyonyakece.com

Yang, jelas Bapak Tahwa (begitu saja kita sebut) mangkal rutin setiap hari di depan perumahan Penjaringan Sari tepatnya di depan patung polisi Medokan 3 Surabaya.
Gini, gini biar gampang lokasinya setelah Graha YKP Medokan Surabaya. Wes, gitu aja, gampang.

Selain bapak ini sebenarnya banyak penjual tahwa yang lain yang sering ngider di daerah-daerah tertentu yang kadang sulit dikejar ekornya hahaha.. gak bisa dipastiin jamnya sih. Jadi, kami cari yang pasti-pasti aja deh. 


Nah, balik ke menu tahwanya,  kalau saya lebih memilih seporsi tahwa mix, dengan isian kacang koah yang empuk ini. 


kacang koah | pict : nyonyakece.com
Kacang koah yang berasal dari kacang tanah direbus hingga empuk itu tadi dicampur dengan tahwa yang lembut, plus kacang hijau kupas yang juga nggak kalah empuk, dan sebagai pelengkapnya dikasih kuah jahe yang panas dan pedas, plus santan kental. 

Yang saya suka dari tahwa si bapak ini adalah kuah jahenya yang selalu konsisten pedas jadi nggak nanggung buat melegakan tenggorokan. Katanya sih biar pedes gini pake jahe merah, bukan jahe yang biasanya. 

Dan beginilah penampakan tahwa mix saya. Menggiurkan ya? Porsinya juga banyak lho, cukup kenyang juga buat mengganjal perut. 

semangkok tahwa campur | pict : nyonyakece.com

Oh ya, banyak juga yang menjadikan tahwa ini sebagai menu sarapan apalagi ditambah sepotong cakwe goreng yang gurih dan berasa bawang. Nyam.. nyam... Sayangnya, siang ini saya keabisan cakwenya. huhuhu..

Terus, berapa sih harga yang harus dibayar untuk seporsi tahwa yang mengenyangkan ini? Cuma Rp 6.000 aja, Food Lover!!  

Murah kan? Sudah enak, murah, juga mengenyangkan...

Oh ya,  selain di Surabaya, mestinya banyak kok penjual tahwa di kota lain seperti di Malang tapi nggak semuanya juga menjual kacang koah dan kacang hijau kupas.. Bahkan di daerah tertentu di Surabaya juga nggak semua yang menjual versi lengkap seperti si Bapak ini. 

Kalau kamu, Food Lover sudah pernah mencobanya?

Apakah di kotamu juga ada tahwa? 

8 komentar:

  1. Ealahh murah amat hanya enam ribu mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AHAHAHA murah meriah dan bahagia, kemarin2 malah cuma 5.000 lo

      Hapus
  2. Duuh mbaak jadi laper deh. Nice review mbk, walau aku belum pernah nyobain tahwa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho.. tinggal dimana mbak? :D ayo maen ke Surabaya, kutraktir tahwa :D

      Hapus
  3. Jadi penasaran dengan rasa makanan tahwa ini. Harganya murah banget lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak murah dan mengenyangkan. Teksturnya mirip pudding tapi ada aroma tahu. enak kok

      Hapus
  4. Ya ampuun enak bangeeet sih lihatnya jadi pengen, di sini jarang mbaa. Jaman dulu sih banyak

    BalasHapus
  5. Dulu kirain namanya tuh tauwa atau tahuwa gitu, wkwkwk.. dan kurang suka dengan rasanya yang agak plain gitu. Tapi sekarang malah suka karena terbiasa, sayangnya udah jarang yang jualan, pada jualan es doger semua :)))

    BalasHapus