Rabu, 29 November 2017

Rujak Soto Banyuwangi vs Rujak Soto Madura : Yang Mana Favoritmu?

Rujak Soto Wiguna Surabaya | pict by nyonyakece

Rujak soto. Pernah mencicip kuliner ini, Food Lover? Mungkin bagi yang belum tahu, akan terheran-heran dengan perpaduan dua kuliner yang bisa dibilang bertolak belakang ini. Sama halnya saya yang juga masih sering mengernyitkan dahi kalo si Nico order pecel rawon kesukaannya. 😨

Tapi, yang perlu kamu tahu, kuliner rujak soto ini termasuk salah satu kuliner famous yang berasal dari Banyuwangi lho. Meskipun perpaduannya tampak aneh, tapi tetap harus kamu coba apalagi kalo kamu pecinta kuliner. 

Jadi nih, rujak soto adalah rujak sayur dengan bumbu petis dan kacang seperti rujak cingur, namun saat penyajiannya disiram dengan kuah soto. Biasanya sih kuah soto yang dipakai adalah soto yang lengkap dengan daging sapi atau pun jerohannya. 

Rujak Soto Wiguna Surabaya | pict by nyonyakece

Di Surabaya, ada salah satu depot rujak soto yang terkenal di daerah Ngagel sana, enak dan sudah melegenda. Tapi, buat kami yang ada di sekitaran Rungkut, cukup butuh effort buat mencapai tengah kota apalagi pas musim ujan yang rawan banjir di Surabaya ini.


Untungnya nih, untungnya ada satu depot rujak soto baru yang buka di deket rumah, tepatnya di Wisma Gunung Anyar. Duile, ini sih nyetir sambil merem juga bisa nyampe (maksudnya saya yang merem, Nico yang nyetir .. krik..krik..krik..)

Seperti biasa, meskipun sudah sering sliweran dan ngintip menunya di kurir online yang ituh, tapi baru terealisasi setelah ada yang ngomporin buat nyoba πŸ˜” (saya terlalu pemilih, bray)

Dan inilah daftar menu yang ada di Rujak Soto Wiguna ini :

Rujak Soto Wiguna Surabaya | pict by nyonyakece

Oh, wait, kenapa ada Rujak Soto ala Madura ya? Emang Madura punya kuliner khas berupa rujak soto juga? Hmm.. kata penjualnya yang asli Malang (nah lho) iya ! Tapi, memang nggak terlalu populer jika dibandingkan dengan rujak soto Banyuwangi. 

Terus apa bedanya? Lanjut terus ya baca reviewnya..

Nah, ini penampakan rujak soto Banyuwangi dengan lontong, sayuran, irisan mentimun, dan jerohan dalam kuah sotonya.

Oh ya, jangan berharap kalo isi rujaknya selengkap rujak cingur yang utuh ya. Isiannya memang nggak selengkap rujak petis, tapi bumbu rujaknya sendiri sudah enak banget. Kalo mama saya bilang "Manis kecutnya pas".

Meskipun keliatan porsinya nggak banyak, tapi ternyata setelah diaduk, kenapa tampak banyak ya hahaha..  Dan ketika kuah soto yang gurih berpadu dengan bumbu rujak yang dominan rasa manis petis .. Wuah.. maklegender.. mulut nggak berhenti ngunyah dan.. seporsi pun tandas dalam sekejap πŸ˜‹πŸ˜‹

Rujak Soto Banyuwangi || pict by nyonyakece
Terus apa bedanya dengan rujak soto ala Madura? 

Di daftar menu sih sebenarnya sudah dijelaskan perbedaannya :

Jadi, Rujak soto ala Banyuwangi menggunakan petis udang ( warna hitam ) dengan pisang klutuk  sedangkan  Rujak soto ala Madura menggunakan petis ikan (warna merah) tanpa pisang klutuk.

Kalo dari segi rasa, rujak soto Banyuwangi punya taste manis, sedangkan rujak soto Madura lebih dominan rasa kacangnya yang asin mantap. Sedangkan untuk isian sama persis kok, nggak ada beda di antara keduanya. 


Rujak Soto Madura || pict by nyonyakece
Setiap orang sih punya selera masing-masing, kalo saya karena suka dengan gurihnya rasa kacang saya vote untuk Rujak soto Madura, sedangkan Nico yang nggak terlalu suka kacang, lebih memilih Rujak soto Banyuwangi sebagai menu kesukaannya. Oh ya untuk seporsi rasa yang kenyang mantap itu kamu cukup membayar Rp 15.000 per porsi. Murah banget kan? Apalagi kalau kamu follow IG atau Review di Google Guide bakal dapet 10% diskon tambahan. Seru juga. 

Satu lagi, di sini kamu nggak perlu request rujak pedas, sedang, atau polos. Sambelnya disajikan terpisah kok, jadi kamu bisa meracik sendiri sesuai dengan tingkat kepedasan seleramu. 

Nah, bagian menariknya, selain dua menu rujak soto, depot ini juga punya menu lainnya yaitu Ayam goreng plus sambel korek. Sabar-sabar, saya nggak order ini dalam sekali kunjungan kok, hahaha,.. saya baru posting saat foto-fotonya sudah lengkap.

Sebagai orang Malang ber KTP Surabaya, saya sudah mulai ketagihan dengan yang namanya sambelan. Dan sambel yang satu ini, pedas mantap, porsi kenyang! Harganya juga Rp 12.500 per porsi dengan potongan ayam yang besar, lalu sambal yang dominan lombok merah besar, tapi tetap gurih meskipun no MSG dan terasi. Kalo kamu minta versi pedes, kamu bakal huh..hah.. huh.. hah kayak saya kemarin. 😩 


Ayam goreng sambel korek | pict by nyonyakece
Yang jelas dari segi kebersihan dan porsi, lumayan bisa dipertanggung jawabkan lah .. dan pastinya balenable.. alias pasti bisa dijadikan jujukan lagi. lagi.. dan lagi..

Rujak soto Wiguna
Jl. Raya Wiguna Timur 21 Surabaya
Jam buka : 09.00-1700 (Senin tutup)





1 komentar:

  1. Bedanya petis udang sama petis ikan ya? waktu tinggal di Semarang, suamiku ketagihan petis udang, rasanya ena tapi eum pernah ocba rujak soto dari Banyuwangi maupun Madura. Kelihatannya seger ya, ada irisan mentimun juga ya

    BalasHapus