Selasa, 24 Oktober 2017

Assalam House of Briyani Surabaya, Mengecap Sensasi Kuliner Ala India yang Menggiurkan

Selain terkenal dengan Tugu Pahlawan, Kota Surabaya juga memiliki satu sudut kota yang nggak kalah unik dengan nuansa yang berbeda dari gemerlap ibukota pada umumnya. Pernah dengar Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel? Kalau belum, kamu wajib berkunjung kesana, Foodlover !

Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel yang terletak di bagian utara Kota Surabaya ini, sarat dengan suasana khas Timur Tengah, dimana dominasi etnis keturunan Arab banyak bermukim di daerah ini. Nggak heran, kawasan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya ini lebih terkenal dengan sebutan Kampung Arab.


Nggak cuma berbagai souvenir khas Arab dijual di toko-toko sepanjang kawasan Ampel, bahkan hotel dan wisata kulinernya pun nggak jauh-jauh dari kekhasan Timur Tengah juga.

Salah satu kuliner yang direkomenadasikan dan nggak boleh dilewatkan adalah ASSALAM House of Briyani  yang terletak di Jalan KH.Mansyur 165 Surabaya, tepatnya di depan Hotel Mesir.

Buat kalian penggemar masakan khas Melayu pasti sudah familiar dengan nama Assalam kan? Yap, benar sekali, ini adalah cabang  terbaru dari group of Assalam sebelumnya yang terletak di  :
  • Pucang Anom Timur 21 A Surabaya
  • Komplek Papaya, JL. Raya Margorejo Indah 60-68 Surabaya
Namun, berbeda dengan kedua pendahulunya, ASSALAM House of Briyani Ampel yang baru buka sekitar enam bulan lalu ini lebih mengkhususkan pada hidangan nasi biryani, sesuai dengan namanya.



Dengan konsep family resto, ASSALAM House of Briyani ini punya cukup banyak menu yang bisa dipilih, misalnya untuk snacknya yang khas :

Atau pilihan menu berat yang cocok untuk makan siang atau pun malam :



Berbagai pilihan minuman unik yang pas untuk melegakan dahaga di panasnya udara Kota Surabaya :





Dan kebetulan hari ini, kami pergi beramai-ramai. Namanya juga ke ujung Surabaya, kalo cuma berdua kurang seru, dan ini lah menu-menu yang kami pesan untuk memuaskan rasa penasaran kami dengan kuliner khas India yang nyaris mendekati rasa aslinya. 

Sebagai hidangan pembuka (yang kemudian jadi hidangan penutup karena ternyata besar ya boo 😝) kami pesan :

Roti Tissu Keju Milo
Rp 27.000
Dengan kulit yang garing dan dipadukan dengan gurihnya keju, serta manisnya milo dan gula, Roti Tissu Keju Milo ini cocok dijadikan cemilan sembari menunggu hidangan utama tersaji.



Roti Assalam Telur Keju
Rp 18.000
Sepintas sih seperti sandwich, dengan keju yang melimpah sebagai toppingnya. Tet.. Tot. ini punya temen saya, saya tadi sudah kekenyangan jadi nggak nyobain hahaha...


Martabuk Daging Sapi
Rp 30.000
 Nah, kalau ini sejenis martabak dengan cocolan kuah kare. Tapi, tanpa dicocol pun, martabuk daging sapi ini sudah sangat nikmat dinikmati polosan apalagi dengan isian dagingnya yang melimpah.



Teh 3 Layer
Rp 25.000

Sungguh loh, ini seger pake banget, jadi minuman ini sesuai dengan namanya terdiri dari 3 lapisan, paling bawah sendiri gula (eh gulanya khas nih, entah apa yang dipakai), kemudian susu, dan terakhir paling atas teh asli dari Malaysia. 


Dates Camel Milk Shake
Rp 30.000
Sungguh, nggak pernah terbayangkan kalo saya akan minum susu Onta 😝😝. Awalnya saya kira bakalan amis dan lebus kayak susu kambing, tapi ternyata pas diseruput wow so creamy !! jadi intinya minuman ini adalah susu onta yang dishake, lalu dipadukan dengan sirup kurma dan ditaburi dengan almond. Greget bingit kan?


Haduh-duh dari tadi ngomongin yang ringan-ringan.. kapan makannya ya? Sabar, gaes.. yang berikut ini bakal bikin kamu nelen ludah rapet-rapet.. 

Nasi Briyani Ikan (Tengiri)
Rp 58.000,-
Jadi, nasi yang dipakai pun khas lho , mereka memakai beras Basmati yang sangat terkenal di India dengan tekstur beras yang besar, panjang, dan nggak mengandung banyak glukosa seperti beras pada umumnya. Untuk kali ini saya pesan Nasi Briyani Ikan Tengiri dengan acar, papadam (sejenis crackers dari tepung beras), dan dhal (semacam cocolan yang terbuat dari olahan biji-bijian khas India). 



Dan juaranya yang dipesan oleh Nico :


Nasi Briyani Lamb Shank
Rp 80.000,-
Nggak usah keburu bilang mahal dulu kalau belum mencobanya. Porsinya ini lho sungguh menggoda. Lamb shank adalah bagian kaki belakang daging kambing yang punya tekstur yang empuk. Ketika dipadukan dengan nasi biryani, telur , papadam, acar timun dan nanas serta dhal. Penilaiannya perfect !! Kalo cewek, sebaiknya pesan menu ini untuk berdua ya.. (kecuali kalo kamu banyak makan seperti saya)


 Lamb Shank
Rp 60.000
Kalau lagi diet, sebaiknya pesen tanpa nasi deh.. lamb shank yang diolah dengan bumbu rempah yang khas segede gini cukup untuk mengisi seluruh rongga perutmu.. perut saya, dan perut teman-temanmu (gede sih hahaha)

Tulalit.. tulit.. tulit.. berjam-jam kami disana, dan terpaksa harus pelan-pelan menghabiskan berbagai menu yang porsinya jumbo-jumbo ini.. hahaha.. gpp deh, mumpung lagi jauh, nggak ada salahnya dipuas-puasin Mengecap Sensasi Kuliner Ala India yang Menggiurkan ini..

Oh ya, yang tertarik untuk mencoba kenikmatan tiada tara ini perhatikan jam bukanya ya :




Dan kalau kamu mahasiswa dan pelajar, ada spesial promo yang bisa kamu manfaatin dengan melihat ketentuan di bawah ini :




Wah.. wisata kuliner hari ini benar-benar memuaskan rasa penasaran, lidah, mata, perut, dan hati. Kalau mo kesini ngajak saya, boleh lho 😜😜😜

Assalam House of Briyani
KH Mansyur No 165 Surabaya
Jam buka : Senin - Sabtu, 10.00 - 22.00
Minggu tutup

4 komentar:

  1. Aku sering makan nasi biryani, tp blm prnh nemu yg lauknya ikan :D. Biasanya kalo ga ayam, ya kambing ato sapi.. Aku catet kalo nanti ke surabaya mba. Thn depan planning mau ksana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, unik ya.. mungkin menu ini ada untuk mereka yang nggak suka daging merah kali ya, jadi ada pilihan menu :D

      Yuk lah maen ke Surabaya mbak, banyak kuliner unik yang bisa dieksplore dimari...

      Hapus
  2. wah belum pernah ngerasain makanan india, agak takut juga krn yg aku tahu banyak rempah2nya ya, itu yang aku gak suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih kalo yang ini kerasa rempahnya, tapi kalo masih bisa menerima masakan Padang, ini nggak jauh berbeda kok mbak. Rasa rempahnya memang kuat, tapi nggak terlalu menggigit kok..

      Hapus