Rabu, 02 November 2016

Sambel Ganja (Ikan Tongkol) Ala Nyonya Kece

Okelah katakanlah saya ikut - ikut, tapi mau dibilang nggak ikut - ikut kenyataannya saya terseret arus salah satu grup masak memasak yang lagi memboomingkan Sambel Ganja khas Aceh.

Bukan , ini bukan makanan haram, ini hanya istilah saja yang digunakan untuk menamai sambel khas Aceh yang memabukkan ini. Memabukkan dan bikin nambah - nambah nasi terus . Kalau Wong Jowo mengistilahkan "nyemego"

Berhubung hari ini saya nemu blimbing wuluh di rumah Cak Bud, sepulangnya dari misa di Pemakaman Keputih langsung cuss ke dapur buat bikin sambel yang sudah bikin saya ngiler berhari-hari.
Nah karena saya nggak punya udang seperti yang diresepkan, nggak kehilangan akal saya ganti dengan ikan tongkol yang kemarin rencananya saya bikin pepes :D

Dan.. inilah resep Sambel Ganja (Ikan Tongkol) ala Nyonya Kece


Bahannya mudah, cing

Bahannya : 

2 iris ikan tongkol yang sudah digoreng matang
11 cabe rawit (atau sesuai selera)
2 buah blimbing wuluh ukuran sedang
6 butir bawang merah
1 sdt garam 
1/2 batang serai
2 helai dau jeruk

Caranya : 

Campur dan haluskan semuanya, tingkat kehalusannya sesuai dengan selera ya, kalau saya nggak terlalu suka alus banget.

Sudah gitu aja..
Lho, masak gitu aja?
Iyaaa.. gitu aja, itu aja udah bikin nasi putih semejikom abis tandas

Rasanya uwenak, seger, perpaduan antara semua bahannya tercampur jadi satu, ada segarnya blimbing wuluh, asinnya garam, wanginya serai dan daun jeruk, pedasnya cabe rawit, dan nggak ketinggalan gurihnya ikan tuna (atau udang atau apapun itu yang nantinya akan kalian pakai)

Hasilnya seperti ini nih





Mau dimakan bareng nasi putih aja oke,  atau mau dipadukan dengan lauk yang lain seperti tahu, tempe, dll juga oke loh


Ikut arus kali ini ngeri - ngeri sedap ya, Sis #nyengir 

3 komentar:

  1. waduh, saya langsung krucuk2 ini mbaaaaaaa... Noted! Semoga bisa segera eksekusi di dapur nyonyamalas juga yak, nyonyakece :D

    BalasHapus
  2. Enak tuh kzyaknya mak.Boleh di coba ah :)

    BalasHapus
  3. hhmmm unik juga ya....bisa diganti dengan daging ayam kan mbak ??? sepertinya makan dengan nasi panas aja udah enak....ditambah kerupuk deh....

    BalasHapus