Jumat, 07 Oktober 2016

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016,  Ada sebuah pepatah, diantara pecinta buku, kalau yang namanya buku, biarpun edisinya lama, tetapi selama belum dibaca, tetap aja judulnya BARU. 
Nah, sebagai pecinta buku apalagi buku murah ,   begitu dapet info bakalan ada cuci gudang buku Gramedia, dimana yang dijual adalah buku bukan yang seri terbaru (tetapi masih segelan) dengan satu harga Rp 5.000,- an, langsung dicatet, direminder, diingat - ingat, dinanti - nanti seperti menanti film Miss Peregrine's Home For Peculiar Children kemaren hahaha


Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, Serius, meskipun setiap bulan saya sudah menjatah beli buku murah di Gramedia Exhibition Ngagel untuk noverl - novel seharga Rp 10.000an, event cuci gudang ini beneran saya tunggu - tunggu, apalagi saya dan Nico sama - sama punya hobby membaca. 
Jadi, untuk segala kegiatan di hari itu sengaja dikosongkan khusus untuk yang satu ini.



Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, 
Tibalah hari yang dinanti, yaitu tadi pagi Kamis, 7 Oktober 2016. 
Sebelumnya kami sudah membaca beberapa liputan tentang event sejenis yang sebelumnya digelar di Yogyakarta, jadi sudah tahu gambaran seperti apa nantinya.

Dan pagi hari tadi saya sudah senewen, karena Nico jam 8 baru selesai mandi dan dia masih kebingungan mencari lokasi Berbek Industri I yang notabene adalah daerah industri, untunglah dibantu GPS dan beberapa tulisan petunjuk event yang tersebar di beberapa titik di daerah Berbek tersebut, kami menemukan lokasi event Cuci Gudang Gramedia ini.

Alamat: Jl. Brebek Industri I No. 29, Sidoarjo, Jawa Timur 
Jam buka : 09.00 - 17.00

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, 
Sampai di lokasi ternyata sudah puluhan orang yang mengantri di halaman luar gudang, iya ketika nyampai jam 08.30 sudah ada puluhan orang, yang kebanyakan sih anak muda seperti saya,  ada juga ibu - ibu yang bawa anak kecil (hiks.. ini yang buat saya miris)

Antrian di gerbang 1 (luar) , ada yang bawa anak kecil :( - doc pribadi -
Semakin mendekati jam buka, semakin merapat ke pintu gerbang - doc pribadi -

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016,
Dan sayapun terdesak, melesak, hampir kegencet  ketika antrian mulai menyeruak, dan pintu gerbang kecil itu dibuka. Lumayan dapat barisan depan, karena ternyata per kloter dibatasi cuma 100 orang, dan hanya boleh satu jam, di dalam gudang .
Lega rasanya, bisa masuk, karena jujur saja pengunjungnya serem, saling dorong, nggak peduli anak kecil, orang tua, pokoknya gasak aja. Crowded, panas, epic pokoknya !


Mulai merapat dan mendesak - doc pribadi -
Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, Suasana di dalam sih nggak seheboh diluar, tapi tetep speechless ngeliat orang kalap ngeborong buku yang tetiba sudah berkerdus - kerdus mereka ambil. Entah buku apa aja yang mereka pilih, dan apakah ntar kebaca atau nggak hahaha
Oh ya, di dalam, para petugasnya akan mengarahkan untuk "membeli" kardus seharga Rp 5.000,- (yang dibayar sekalian pas bayar bukunya) supaya memudahkan membawa buku yang bakal dibeli, tapi kalo kalian bawa tas atau wadah sendiri sih lebih baik, terutama yang naek kendaraan roda dua, pasti susah bawa kardusnya.
Kardus dimana - mana - doc pribadi -
Begini suasana di dalamnya, tadinya buku ini rapi, lalu, boom.. semua beterbangan kemana -mana, ada yang di lantai, ada yang entah kemana lagi. 


Semua menggila dan kardus jadi wadahnya - doc pribadi -
Bukunya beragam, dari novel, science, buku anak, komik, buku masakan, wes pokoknya semua ada, dan jangan membuang waktu untuk melihat -lihat atau memilih ya, karena waktunya cuma satu jam. Daripada habis waktu dan harus mengulang antrian dari awal . 
Jadi, pilih dengan cepat saja bukumu.

Suasana dalam gudang - doc pribadi -


Wajah - wajah bahagia - doc pribadi -

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, Menjelang waktu habis, nanti petugas akan mengingatkan pengunjung yang di dalam untuk segera melakukan pembayaran. Lebih mudahnya, mampir dulu di meja pengemasan, setelah petugasnya melakukan penghitungan nanti kita diberikan kertas sesuai dengan jumlah buku, lalu baru lakukan pembayaran di kasir.

Tuh, Pak Nico lagi ngantri membayar - doc pribadi -
Dan.. berhasil !akhirnya, tepat pada waktunya kami berhasil membayar dan mendapatkan buku - buku sesuai yang mau kami beli ^^

Bahagianya suamiku dapet buku baru  :)) - doc pribadi -
Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, dan yang nggak kami pertimbangkan adalah, dengan kardus yang tidak terpacking sempurna itu ternyata kami kesulitan membawa buku dari gudang ke rumah, yah.. akhirnya pake jasa Uber deh hahaha , dan inilah sebagian buku yang kami berhasil kami culik , dan I'm happy now :))









Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, Oh ya ini beberapa tips dari saya, buat yang mau berburu buku disana :


1. Datanglah di pagi hari saat kondisi tubuh fresh

    Ini penting, karena disana bakal berdesakan dan panas lho, namanya juga gudang ya

2. Bawa masker

    Buku - bukunya berdebu boo, tidak ramah untuk hidung, apalagi seperti pengidap penyakit asma seperti saya.

3. Bawalah minum sendiri 

    Karena tidak ada penjual minuman di lokasi, siapa tau dapat kloter yang siang, jadi    

    nggak kehausan, lebih baik lagi jangan kesana saat kondisi perut kosong ya

4. Siapkan listing jenis buku apa yang hendak dibeli

    Jenis ya, bukan judul, karena disana kita nggak bisa milih judul, tapi kalau sudah      

    punya  target buku seperti apa, tinggal ambil dan nggak buang waktu kebingungan pilih      yang mana. 

    Seperti saya tadi sudah mentargetkan untuk cari novel, dan Nico cari komik, jadi fokus     kami ya ke 2 jenis itu. Lainnya ya dilewati
5. Jangan mengajak anak kecil, apalagi dibawah 10 tahun
    Ini serius, ini bukan toko buku, bukan tempat piknik, ini gudang!
    Tadi saya cukup miris dengan seorang ibu yang membawa beberapa  anak kecil    
    dibawah    lima     tahun,  dan entah apakah dia berhasil masuk atau tidak. 
    Pergerakan pengunjung yang diluar sungguh mengerikan, Sis 
    Sampai - sampai saya pasang status di Facebook untuk mengingatkan hal ini. 

doc pribadi 

Berburu Buku Lima Ribuan di Gramedia Warehouse Cuci Gudang 2016, tapi dibalik segala perjuangan itu tadi, ini pengalaman menarik kok, dan saya cukup puas. Mungkin kalau nyalinya sudah terkumpul kembali, saya bakal balik hahahaha, jangan minta nitip ya, cuma kamu yang tahu buku apa yang bakal kamu sukai disana, bukan orang lain


Selamat berburu !!


*Siap - siap energi dan dompet untuk berburu di Big Bad Wolf Books 2016*


Update :
Baca - baca di IGnya Cuci Gudang, ternyata setelah kloter saya masuk tadi, untuk selanjutnya diberi nomer antrian, dan sehari maksimal 450 orang saja yang bisa masuk
Hari kerjanya SENIN - SABTU ya, gaes, Minggu tutup


15 komentar:

  1. Ya ampuuuun... Mupeeeeng berat lihatnya. Saya kalau ke sana bawa koper aja kali ya. Jadi enak bisa ditarik. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya nggak berhenti mupeng nih sampai hari ini
      secara salenya terusan sampai akhir bulan :D

      Hapus
  2. Wow nice tips. Nunggu di Bandung ah...

    BalasHapus
  3. astagaaa..... klo ke sana aku bawa troli kali yam ahahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. masalahnya setiap hari bukunya selalu datang yang baru
      masak setiap hari mo bawa troli ya. hahhaa

      Salam kenal, trims sudah mampir :D

      Hapus
  4. Ya ampuuunn cm 5 rb????? Omg, surga banget ituuuuu. Di jakarta kok g ada ya .. ato aku yg ga dgr kabarnya :(..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semua novel 5rbuan, mau tebal tipis besar kecil
      ini malah sekarang diperpanjang sampai akhir bulan :D

      Hapus
  5. wah coba kalaua da di kotaku juga aku bakal borong banyak buat bacaan anaka suhku

    BalasHapus
  6. wahhh beneran surga bagi para pecinta buku. gak di jual lagi kah bukunya mba? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. Surga beneran ini :D
      saya masih kalap cari buku lima ribuan hingga kemarin sore

      Buku - bukunya untuk koleksi mbak hehehe, jd ndak bakalan dijual lagi :D

      Hapus
  7. Selamat ngeBBAW ^^ Aku belanja jam 3 pagi dong :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha..
      saya ke BBW cuma 2x, selebihnya masih kalap di gramedia book sale yang nyambung terus sampe hari ini :v

      Makasih sudah mampir, salam kenal :D

      Hapus
  8. Yaaah...jogja udah kelewatan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? sepertinya banyak acara seperti ini di berbagai kota kok, mbak..
      coba dicari infonya, karena di Sby aja sampai hari ini masih Sale

      Di malangpun juga ada kok , harusnya Ygy juga ada ^^

      Hapus
  9. Di Malang dari awal november sampai 23 november di cyber mall mbak. :)

    BalasHapus