Jumat, 17 Juni 2016

Mengurus Surat Pindah KTP Berbonus Liburan ala Nyonyakece



Genap setahun menempati rumah  ini, akhirnya kami berdua memutuskan sudah saatnya untuk berpindah KTP menjadi Warga Kota Surabaya.Disamping lebih memudahkan untuk mengurus segala administrasi kami di kemudian hari, kok ya rasanya aneh juga, sudah punya rumah sendiri di Surabaya tapi KTP nya masih KTP Blitar hehehe.

Minggu kemarin, kami berdua sepakat untuk off dari segala kegiatan, dan mudik ke Blitar untuk urusan yang satu ini. Sengaja kami ambil cuti agak panjang, karena gosipnya ngurus / cabut KTP di daerah asal, belum secanggih Jakarta yang bisa dalam waktu kurang dari 2 jam .. Dan, benarlah yang terjadi 5 hari kerja ternyata nggak cukup untuk ngurus segala yang tampaknya remeh temeh ini #sad :(


PROSES CABUT KTP 

Jadi , langkah - langkah yang kemarin kami lakukan adalah :


1. Minta surat keterangan pindah dari RT setempat

2. Bawa surat keterangan dari RT tersebut lalu minta tandatangan dan stempel dari RW

Kedua langkah ini mudah sekali, yang tersulit adalah mencari waktu kapan perangkat RT dan RW nya ada di rumah ehehehe.. jadi , berdasarkan pengalaman yang sudah - sudah , kami mruput jam 7 pagi ke rumah Pak RT di kala beliau masih merem melek dan sarungan :D 


Oh ya dokumen yang harus disiapkan adalah :


* KTP Asli dan siapkan beberapa lembar fotokopiannya

* Kartu Keluarga asli dan fotokopiannya
* Akta Lahir dan fotokopiannya
* Akta Nikah dan fotokopiannya
* Pas foto 4x6 dan 3x4 dengan latar belakang biru untuk tahun kelahiran genap, dan merah untuk tahun ganjil (yang ini butuh agak banyak, siapkan sekitar 8 lembar untuk 4x6 dan 6 lembar untuk 3x4)
* Bukti pembayaran PBB terbaru dan fotokopiannya ( nah, kalo ini kemarin jadi satu kendala yang membuat proses kami terhambat, karena seharian harus mengantri pembayaran)
* Uang secukupnya untuk administrasi (biasanya sekitar 10.000 - 20.000 untuk setiap pembuatan surat administrasi, tergantung lokasi)


3. Setelah dari RT dan RW, lalu kita menuju kantor kelurahan, nanti dari kantor kelurahan akan diberikan surat pengantar untuk mengurus ijin ke kecamatan, koramil, dan untuk pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang berlaku 6 bulan sejak tanggal dibuatnya


4. Setelah semua proses selesai, nanti akan diberikan surat pengantar untuk diserahkan ke Dispendukcapil , yang nantinya akan mengeluarkan surat pindah ke daerah yang kita tuju.


Mudah sekali bukan? Sebenarnya sih mudah, asalkan semua dokumen kita lengkap,  tapi yang membuat lama, adalah prosedur bolak-balik ke masing - masing kantor, dan menunggu perangkat "desa" nya ada di lokasi, untuk tanda - tangan surat - surat kita #miris . Tapi, nggak semuanya seperti itu kok, berdasarkan sharing dari teman - teman ada juga daerah yang bisa mempermudah proses ini, meskipun mayoritasnya sih sama lamanya 


Nah, proses kami sementara sampai disini dulu, karena masih menunggu surat pengantar dari Dispendukcapil, yang selesai dalam 7 hari kerja (lamanyaa), kalo ini kami nggak harus mengurus sendiri, tinggal menitipkan surat pengambilan pada kerabat disana, dan mengirimkan kepada kami untuk diproses selanjutnya. 

(Nanti diupdate lagi yah kalo sudah ke tahap berikutnya)

BONUS LIBURAN SERU 


Sembari menunggu proses yang sebenarnya membuang banyak waktu, kami berdua - Saya dan Nic - mengisinya dengan liburan kecil - kecilan tapi lumayan seru, buat kami berdua yang jarang sekali berlibur  #kasiansekali :D 

Tentunya yang banyak aktivitas kuliner dong hehehe , maklum kami berdua kan duo Nic yang gembul dan doyan makan ,
Eit.. tapi nggak melulu soal makan kok, ada waktu senggang di akhir minggu yang kami gunakan untuk ziarah dan berdevosi ke Gua Maria Lourdes Pohsarang - Kediri 

Jadi berikut list review yang nantinya akan saya ceritakan untuk kalian semua 


1. Wisata Kuliner Blitar 1 - Tahu Lontong dan Es Ronde RAMAHAL - Jalan Cokroaminoto 
2. Wisata Kuliner Blitar 2  - Bakso Lestari Jaya 1 - Jalan Dr. Wahidin Blitar
3. Wisata Kuliner Blitar 3 - Nasi Pecel Pincuk Bu Gatot - Gaprang - Kanigoro
4. Wisata Kuliner Blitar 4 - Soto Daging - Sami Mawon - Jalan Kelud 
5. Wisata Kuliner Blitar 5 . Kampung Coklat - Kademangan 
6. Wisata Kuliner Blitar 6 - Nasi Lodeh Pedas Bu Harti (dahulu Sarikem) - Parkiran Makam 
    Bung Karno
7. Wisata Kuliner Blitar 7 - Sego Contong - Pertigaan Jalan Cepaka Blitar
8. Wisata Kuliner Blitar 8 - All You Can Eat ala Mak Ti - Minggirsari - Kanigoro
9. Wisata Kuliner Blitar 9 - Pecel Mbok Bari 6 - Depan Makam Bung Karno
10. Wisata Kuliner Blitar 10 - Warung Moro Seneng - Ir Soekarno
11. Wisata Kuliner Blitar 11 - Toko Roti Orion - Merdeka Timur
12. Wisata Kuliner Kediri 1 - Warung Rahayu - Taman Hidangan Kana - Gua Maria 
      Pohsarang 
13. Wisata Kuliner Kediri 2 - Soto Ayam  Taman Mas Giman - Taman 
14. Review Pohsarang 1 - MbahKung Homestay
15. Review Pohsarang 2 - Jalan Salib Bukit Golgota
16. Review Pohsarang 3 - Pondok Rosario Nazareth 

Lho hee.. ternyata banyak sekali ya yang akan saya ceritakan hahaha dan benar tho, 80% nya adalah soal kuliner.. hahaha


Yo wes, yuk alon - alon asal kelakon kita pelan - pelan menyusuri satu persatu jejak liburan saya


Selamat berpetualang ^_^







2 komentar:

  1. huaaa... wisata kulinernya lengkap banget mba,, kalo seperti ini judulnya kayanya dibalik dek mba .. hahaha.. salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA.. harusnya wisata kuliner bonus ngurus KTP ya mbak.. :D jangan kuatir masih banyak post tentang kuliner beberapa hari kedepan .haha.. makasih sudah mampir , salam kenal ^_^

      Hapus